Hasil Tes Tabrak Kembaran Avanza-Xenia di Malaysia

Kompas.com - 22/07/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Assessment Program for Southeast Countries (ASEAN NCAP) merilis hasil uji tabrak kembaran All New Avanza dan Xenia, yakni Perodua Alza, yang dipasarkan di Malaysia.

Berdasarkan keterangan resmi ASEAN NCAP, Perodua Alza berhasil mengantongi peringkat bintang lima dengan skor sebesar 81,64 poin. Hasil ini berasal dari empat kategori penilaian.

Untuk perlindungan orang dewasa atau adult occupant protection, mobil yang bermain di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut mendapat 36,20 poin dari maksimal 40,00 poin.

Baca juga: Perbandingan Harga Hyundai Stargazer, Avanza-Veloz, dan Xpander

Sementara dari kategori perlindungan anak-anak sebesar 16,88 poin, safety assist (SA) 18,57 poin dan 10,00 poin untuk kategori keselamatan pengendara sepeda motor.

Perodua AlzaPAULTAN Perodua Alza

Kembaran Avanza dan Xenia ini dilengkapi dengan enam airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC), Seatbelt Reminder System (SBR) untuk penumpang depan dan belakang.

Peroda Alza juga dibekali Autonomous Emergency Braking (AEB), Auto Hig Beam, dan Pedestrian Protection yang menjadi fitur pada semua variannya.

Untuk keselamatan, tersedia Blind Sport Detection (BSD), Lane Departure Warning (LDW), Forward Collision Warning (FWC), dan Lane Keep Assist (LKA).

Baca juga: Buat yang Awam, Ini Cara Cek Kondisi Kaki-kaki Mobil Bekas

Sekretaris Jenderal ASEAN NCAP, Dato Dr. Khairil Anwar Abu Kassim mengatakan, dengan diluncurkannya Alza baru, Perodua telah menunjukkan semangat berkelanjutan untuk keselamatan pengguna jalan. Tidak hanya untuk pelanggan dan keluarga tapi juga pengguna jalan rentan lainnya.

Perodua AlzaPAULTAN Perodua Alza

"Karena itu, saya mendorong lebih banyak produsen kendaraan untuk memproyeksikan semangat yang sama juga dengan mengembangkan mobil yang memiliki teknologi keselamatan yang dibutuhkan saat kita bekerja sama untuk memenuhi target mengurangi separuh kematian di jalan di wilayah ini," kata Khairil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.