Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Leaf Bakal Disuntik Mati?

Kompas.com - 18/07/2022, 13:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu pionir kendaraan listrik (electric vehicle/EV) termurah saat ini, Nissan Leaf diwacanakan akan dihentikan produksinya karena beberapa faktor, dari pergeseran model hingga volume penjualan.

Menurut laporan Automotive News dilansir Antara, perseroan tak memiliki rencana untuk memperkenalkan versi generasi berikutnya dari Nissan Leaf. Bahkan terdapat kemungkinan menyuntik mati produksinya.

Sehingga, produksi Leaf saat ini akan berakhir pada pertengahan dekade, menurut laporan tersebut, yang mengutip tiga sumber anonim.

Baca juga: Toyota Menguasai Pasar Mobil Indonesia Semester I/2022

Nissan LeafKOMPAS.com/Ruly Nissan Leaf

Seorang juru bicara dari Nissan menolak untuk berspekulasi tentang masa depan Leaf, tetapi mengatakan bahwa perusahaan telah mencatat minat baru pada model itu di tengah permintaan yang tinggi untuk EV.

"Kami melihat minat baru pada Leaf dengan meningkatnya permintaan untuk EV dan proposisi nilai keseluruhannya," kata juru bicara Nissan Stephen Oldham kepada The Verge dikutip Senin (18/7/2022).

"Sejak diluncurkan, Leaf secara konsisten memberikan kepuasan pelanggan yang kuat dan pembeli baru ke Nissan," imbuhnya.

Jika Nissan menindaklanjuti rencananya untuk menghentikan Leaf, itu akan menjadi kendaraan berukuran kompak terbaru yang menjadi korban dari selera pembeli mobil Amerika yang lebih menyukai tipe SUV besar dan truk.

Ilustrasi baterai mobil listrik Nissan Leafassemblymag.com Ilustrasi baterai mobil listrik Nissan Leaf

Leaf saat ini adalah satu-satunya mobil listrik yang dijual Nissan di AS. Namun, akhir tahun ini, Nissan dilaporkan akan merilis Ariya, SUV crossover listrik baru dengan jangkauan hingga 300 mil.

Ariya dilaporkan akan lebih mahal daripada Leaf. Harnya mulai dari sekitar 47 ribu dolar AS, sementara LEAF dibanderol mulai 27.400 dolar AS.

Terlepas dari harganya yang terjangkau, Leaf dilaporkan tidak mencatatkan penjualan yang cukup baik. Pertama kali dirilis pada 2010, Nissan hanya menjual sekitar 170 ribu Leaf di AS selama dekade terakhir.

Namun, Nissan mengatakan pada tahun 2020 bahwa sebanyak 500 ribu unit Leaf telah terjual secara global sejak diluncurkan pada tahun 2010.

Baca juga: Perbedaan Transmisi Mobil CVT dengan Matik Konvensional

Nissan LeafKOMPAS.com/STANLY RAVEL Nissan Leaf

Hal ini dinilai cukup jauh jika dibandingkan dengan jumlah total kendaraan Tesla yang dijual di AS hanya di tahun 2022 saja yang mencatatkan sebanyak 564.743 unit.

Di sisi lain, Nissan baru-baru ini mengungkapkan rencananya untuk menginvestasikan 2 triliun yen (sekitar 17,6 miliar dollar AS) selama lima tahun ke depan untuk mempercepat peluncuran kendaraan listrik.

Rencana itu akan mencakup 23 model listrik baru pada tahun 2030, dengan 15 di antaranya akan ditenagai sepenuhnya oleh energi listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com