Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Ini jika Tutup Tangki Bensin Mobil Macet dan Susah Dibuka

Kompas.com - 15/07/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tutup tangki bahan bakar tidak selalu diperhatikan, karena memang jarang digunakan kecuali ketika hendak mengisi bensin.

Seharusnya, komponen ini tetap dirawat, setidaknya diperiksa apakah membutuhkan pelumasan atau tidak. Jangan sampai tidak bisa dibuka ketika hendak mengisi bahan bakar.

Hal ini tentu menjadi merepotkan. Bayangkan saja Anda menjadi tidak bisa mengisi bahan bakar padahal sudah hampir habis. Anda mesti ke bengkel dulu untuk mendapatkan pertolongan. Belum lagi kalau lokasi bengkel jauh, maka mobil bisa mogok di jalan.

Baca juga: Cover Tutup Bensin Honda PCX 160 Tidak Bisa Dibuka, Ini Solusinya

Honda Civic Hatchback MugenCARSCOOPS.com Honda Civic Hatchback Mugen

Nah, untuk menghadapi hal terseubut hal pertama yang perlu dilakukan adalah tidak boleh panik.

Foreman Nissan Bintaro Mukti Aji, mengatakan tutup bensin memang bisa macet jika terjadi karatan di kabel tuas tutup bensin atau ada patahan.

Tutup bensin bisa macet jika sling (kabel tuas tutup bahan bakar) karatan, atau terjadi patahan di dudukannya,” ucap Mukti kepada Kompas.com, Jumat (15/7/2022).

Dia mengatakan karatan bisa membuat pengait tutup bensin macet. Pengait tersebut seharusnya lancar maju dan mundur mengikuti gaya pegas atau mekanikal kabel tuasnya.

Baca juga: Layanan Perawatan dan Perbaikan Bodi Mobil Berkualitas Pabrikan

Mobil Nissan All-New NP300 Navara melewati medan off road di Gunung Tambora, Dompu, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (21/3/2015). Nissan All-New Navara punya spesifikasi standar, mesin diesel YD25DDTi berkapasitas 2.488 cc. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Mobil Nissan All-New NP300 Navara melewati medan off road di Gunung Tambora, Dompu, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (21/3/2015). Nissan All-New Navara punya spesifikasi standar, mesin diesel YD25DDTi berkapasitas 2.488 cc. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Dia juga mengatakan dudukan sling bisa patah, sehingga meski tuas masih tersambung oleh sling dengan pengait tutup bensin, pengait tersebut tetap tidak bisa bergerak.

Jika dudukan sling ini patah, maka sling juga rawan terlepas dari pengait sehingga semakin tidak mungkin bisa membuka tutup bahan bakar.

“Jika memang darurat, solusinya adalah membuka trim mobil dari dalam, jangan dipaksa dari luar karena bisa membuat lecet body, pengait juga bisa patah,” ucap Mukti.

Dia mengatakan, pemaksaan dari luar sangat berisiko. Bahkan tutup bahan bakar juga bisa rusak seperti bengkok, lecet dan pengaitnya patah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.