AC Mobil Enggak Dingin, Jangan Asal Tambah Freon

Kompas.com - 05/07/2022, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur air conditioner (AC) atau penyejuk udara pada mobil menjadi salah satu komponen yang krusial buat pengemudi dan penumpang kendaraan roda empat.

Ketika AC mulai terasa tidak dingin, umumnya orang berpikir bahwa freon AC perlu diisi. Padahal, ini tidak selalu bisa menjadi solusi yang tepat. Ada komponen-komponen lain pada AC yang bisa diperiksa terlebih dulu.

"Selama tidak ada kerusakan atau kebocoran, tidak perlu dilakukan penggantian freon," ucap Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: AC Mobil Harus Dimatikan Agar Mobil Kuat Nanjak, Mitos atau Fakta?

Menurutnya, ciri-ciri AC yang rusak atau mengalami kebocoran adalah hembusan angin yang menjadi kurang atau tidak dingin.

Namun menurutnya, mobil-mobil saat ini sudah dilengkapi dengan cabin air filter yang bisa mencegah AC menjadi cepat kotor.

"Cabin air filter berfungsi untuk mencegah kotoran dari dalam kabin masuk ke dalam evaporator dan dapat menyebabkan kerusakan evaporator. Jadi perlu pemeriksaan dan penggantian secara berkala filter tersebut," ucap Didi.

Ilustrasi AC MobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC Mobil

Baca juga: Syarat Daftar Beli Pertalite dan Solar di MyPertamina

Sementara itu, kepala bengkel spesialis AC Rotary Bintaro Kelvin Ong mengatakan bahwa sistem pendingin udara di mobil itu luas; ada kompresor, kondensor, evaporator, ekspansi, dryer dan motor fan.

"Yang membuat dingin itu bukan dari freonnya saja. Semua komponen yang ada pada AC, saling bekerja berdampingan. Jadi dingin yang dirasakan itu adalah hasil kondensasi dan evaporasi," ucap Kelvin.

Baca juga: Benarkah Isi Ban dengan Nitrogen, Tekanan Udara Bisa Lebih Awet?

Kelvin mengatakan, ketika ada tanda freon berkurang, pemilik kendaraan jangan langsung asal menambah namun mencari terlebih dahulu pada bagian mana kebocorannya.

"Ketika di cek dan freon berkurang, yang harus dilakukan yaitu cek kebocorannya dulu, lalu perbaiki atau ganti suku cadang yang rusak. Jika sudah, baru di isi kembali freonnya," ucap Kelvin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.