Mengendarai Motor di Siang Hari Tanpa Nyalakan Lampu Utama Bisa Kena Tilang

Kompas.com - 14/07/2022, 15:31 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Agar mengemudi terhindar dari kecelakaan lalu lintas, pengendara motor diwajibkan untuk mematuhi aturan keselamatan berkendara.

Menyalakan lampu utama saat siang hari menjadi salah satu hal yang harus dilakukan oleh pengendara motor.

Bahkan, beberapa sepeda motor produksi baru tidak dilengkapi dengan tombol saklar lampu sehingga lampu utama akan menyala ketika motor dihidupkan agar selaras dengan aturan tersebut.

Baca juga: Mengganti Karet Wiper Jangan Tunggu Sampai Rusak

Budiyanto, pemerhati masalah transportasi dan hukum, mengatakan jika masih banyak pengendara motor yang tidak menyalakan lampu pada siang hari.

Padahal menyalakan lampu utama pada motor di siang hari bertujuan agar mudah dideteksi oleh kendaraan dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Data yang pernah saya dapat bahwa dalam kasus kecelakaan lalu lintas 60 persen-63 persen melibatkan kendaraan bermotor roda dua (sepeda motor)," kata Budiyanto kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Melengkapi hal tersebut, Direktur Penegakan Hukum (Dirgakum) Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, akan ada sanksi bagi pengendara motor yang tidak menyalakan lampu pada siang hari. Atur tersebut ada dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

“Pada pasal 293 ayat 2 setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagai mana dimaksud dalam pasal 107 ayat 2 akan dipidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp 100.000,” kata Aan saat dihubungi oleh Kompas.com, Kamis (14/7/2022).

 

Mengacu pada aturan hukum,  dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang  LLAJ, pasal 107 ayat (2) yang berbunyi :

"(1) Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib menyalakan lampu utama Kendaraan Bermotor yang digunakan di Jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu. (2) Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari."

Pengendara motor melintas di Jembatan Suramadu, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (30/4/2022). Pada H-2 Hari Raya Idul Fitri 1443 H,  jembatan yang menjadi penguhubung antara Pulau Jawa dan Pulau Madura tersebut mulai dipadati kendaraan terutama roda dua yang mudik menuju ke Pulau Madura.ANTARA FOTO/MOCH ASIM Pengendara motor melintas di Jembatan Suramadu, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (30/4/2022). Pada H-2 Hari Raya Idul Fitri 1443 H, jembatan yang menjadi penguhubung antara Pulau Jawa dan Pulau Madura tersebut mulai dipadati kendaraan terutama roda dua yang mudik menuju ke Pulau Madura.

Sementara untuk faktor utama yang menyebabkan kecelakaan pada pengguna motor, dikendarai oleh beberapa hal. Mulai dari pengendara lalai, melanggar lalu lintas, tidak mengerti aturan, sampai karena tidak terampil berkendara.

Baca juga: Sepeda Listrik Merupakan Solusi Transportasi Murah

Agar masyarakat pengguna motor taat dan tetap mengikuti regulasi, maka bila berkendara pada siang hari tanpa menyalakan lampu, polisi bisa mengenakan denda dan sanksi.
Hal ini tertuang pada Pasal 293 Ayat (2) yang berbunyi :

"Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 (lima belas) hari atau denda paling banyak Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah)".

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.