Cara Operator Bus Antisipasi Keterlambatan Waktu

Kompas.com - 13/07/2022, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus AKAP menjadi salah satu pilihan transportasi darat yang masih diminati orang Indonesia. Namun ada satu kekurangan dari bus dibanding moda transportasi lain, yakni soal ketepatan waktu.

Tidak jarang, bus terlambat dari waktu yang sudah ditentukan. Penyebabnya bisa karena lalu lintas yang ramai atau mengalami masalah atau trouble.

Lalu bagaimana operator menyiasati atau mengantisipasi keterlambatan yang bisa dialami bus?

Baca juga: Masalah Klasik Bus AKAP, Sering Telat dan Tak Tepat Waktu

Bus AKAP baru PO New ShantikaINSTAGRAM/HISYAM_2542 Bus AKAP baru PO New Shantika

Pemilik PO Sumber Alam Anthony Steven Hambali mengatakan, mengenai kondisi jalan, memang PO tidak bisa berbuat banyak karena mengikuti situasi dan kondisi.

"Kiatnya tentu kita biasanya pantau arus penumpang. jika ada peningkatan pesanan, diprediksi jalan akan ramai," ucap Anthony kepada Kompas.com, Rabu (13/7/2022).

Ketika kondisi jalan yang ramai, tentu laju bus jadi tertahan, jadi ada kemungkinan keterlambatan. Oleh karena itu, biasanya bus datang lebih pagi untuk keberangkatannya.

Baca juga: Pasang Wireless Charging di Mobil, Cuma Modal Rp 1,5 Juta

"Setelahnya ya hanya koordinasi jalan saja. Agen juga turut memantau dan mengabari kalau ada pengalihan arus jalan, dan lain-lain," ucapnya.

Selain itu, mengenai bus yang mengalami masalah di jalan, sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan perawatan rutin. Dengan begitu, masalah teknis kendaraan bisa dicegah atau diantisipasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.