Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fasilitas Mewah pada Bus AKAP yang Bisa Memanjakan Penumpang

JAKARTA, KOMPAS.com - PO atau Perusahaan Otobus zaman sekarang terus berlomba memberi fasilitas yang memanjakan penumpang selama di perjalanan.

Zaman dahulu, fasilitas seperti AC atau TV di bagian depan kabin sudah masuk kategori mewah. Namun saat ini, perkembangan kelas layanan bus semakin mewah dengan menghadirkan beberapa fasilitas premium.

Bicara soal kenyamanan, bangku bus yang ada saat ini makin banyak jenisnya. Pertama seperti leg rest dengan ukuran yang besar, belum lagi ada yang dibuat bisa dilipat, sehingga ketika dibuka, kaki tertopang dengan baik.

Selain bangku yang semakin nyaman, beberapa bus juga menawarkan bangku sleeper. Bedanya dengan bangku biasa, sleeper seat bisa direbahkan sampai 150 derajat dan sandaran kaki yang panjang.

Kemudian, sleeper seat biasanya dipasang pada kabin tersendiri, sehingga tidak mengganggu penumpang lainnya. Jika bangku sleeper masih belum nyaman, ada juga operator yang menawarkan bangku dengan fitur pijat.

Sebut saja PO Harapan Jaya yang punya bangku pijat di area smoking room. Lantas, padda bus dengan bodi Dream Coach buatan Adiputro, sudah disertai fitur bangku pijat di setiap bangkunya sebagai standar.

Fitur lain yang menambah nyaman penumpang saat naik bus ada pada sistem hiburan. Saat ini, beberapa bus tidak lagi mengandalkan TV, melainkan ada layar hiburan di setiap bangku penumpang yang bisa memutarkan lagu atau film, bahkan browsing.

Selanjutnya, beberapa operator ada yang menyediakan konter snack di kabin bus. Isinya bisa dispenser, kopi saset, sampai mie cup yang siap diseduh.

Perlu dicatat, fitur yang memberi kenyamanan ini biasanya baru hadir di kelas layanana eksekutif ke atas. Sedangkan untuk kelas ekonomi, bisnis, VIP, baru ada fitur-fitur standar saja, seperti bangku yang sandarannya bisa diatur, sampai AC dan TV.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/14/082200715/fasilitas-mewah-pada-bus-akap-yang-bisa-memanjakan-penumpang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke