Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Bedanya Bus Kelas Ekonomi dengan Patas?

Kompas.com - 13/07/2022, 17:44 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelas layanan bus AKAP saat ini memang semakin beragam. Untuk layanan yang paling ekonomis, bisa memilih antara bus ekonomi maupun tambah sedikit lagi ongkos untuk naik bus Patas.

Patas sendiri merupakan akronim dari Cepat Terbatas. Secara model luar, memang tidak terlihat berbeda antara bus ekonomi AC dengan Patas.

Walaupun begitu, sebenarnya ada sedikit pembeda antara bus ekonomi dengan Patas. Seperti yang dikatakan Wayan Sindhu, Ketua Umum BisMania Community.

Baca juga: Persaingan Bus Jakarta-Medan, Harga Tiket Mulai Rp 475.000 

Pertama soal susunan kursi, bus ekonomi biasanya memakai model tiga penumpang di kanan dan dua di kiri kabin (3-2). Sedangkan Patas, kebanyakan sudah dapat bangku 2-2 yang lebih lebar.

"Kemudian mulai kelas Patas, kadang ada fasilitas servis makan gratis, termasuk harga tiket. Sedangkan yang ekonomi masih belum," ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (13/7/2022).

Selain itu, untuk bus Patas dengan jarak yang cukup jauh, penumpang kerap diberikan Snack serta bantal dan selimut. Namun untuk jarak dekat, bus Patas tidak memberi fasilitas tersebut.

Baca juga: Pilih Mana, Ganti Radiator OEM atau Servis Radiator?

"Semuanya tergantung jarak tempuh, semakin jauh, opsi yang tadi mungkin diadakan. Seperti Snack, bantal, dan selimut," kata Wayan.

Untuk bus ekonomi, sebenarnya fokus pada menampung penumpang yang banyak. Oleh karena itu, harga tiketnya bisa ditekan atau lebih murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com