Mengenal Fitur Cruise Control pada Mobil

Kompas.com - 13/07/2022, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada banyak mobil keluaran sekarang, pabrikan biasanya melengkapi fitur cruise control yang berfungsi untuk membuat kecepatan mobil stagnan, tanpa harus menginjak pedal gas.

Adanya fitur ini membuat pengemudi dapat mengistirahatkan kaki sejenak saat sedang berada dalam perjalanan jauh dengan kondisi jalan yang lengang dan stabil seperti di jalan tol.

Baca juga: Pakai Maps Saat Berkendara, Manfaatkan Fitur Audio

Cara kerjanya juga cukup mudah. Misalnya, jika pengemudi memacu kendaraannya dalam kecepatan 70 kpj kemudian menekan tombol cruise control, maka mobil bisa melaju konstan pada kecepatan tersebut.

Letak tombol cruise control beragam di tiap kendaraan. Dijelaskan oleh Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), ada yang bentuknya berupa tombol pada kemudi, ada juga yang berupa tuas.

"Misal, pada mobil yang menggunakan tuas cruise control, cukup menekan tombol 'on' pada tuas yang berada didekat kemudi untuk mengaktifkannya. Setelah lampu tanda cruise control pada indikator menyala, lakukan akselerasi kendaraan sampai mencapai kecepatan yang diinginkan," ucap Didi.

Ilustrasi mengemudiunsplash/Mesha Mittanasala Ilustrasi mengemudi

Baca juga: PO Juragan 99 Punya 2 Bus Tingkat Baru dengan Kabin Supermewah


Cruise control bisa diaktifkan pada saat kendaraan tengah melaju dalam kecepatan tertentu.

"Kalau untuk mobil Toyota dapat dilakukan ketika kecepatan kendaraan lebih dari sekitar 30 kpj," ucap Didi.

Baca juga: Begini Dampaknya Terus-terusan Gunakan Gigi L pada Mobil Matik

Kemudian, selama fitur tersebut masih aktif, pengemudi bisa menambah atau mengurangi kecepatan. Untuk membatalkan cruise control, caranya berbeda-beda. Bisa dengan menekan tombol 'off', menginjak pedal rem ataupun menginjak pedal gas.

Namun perlu diingat, memakai fitur ini juga tetap membutuhkan konsentrasi pengemudi. Mengingat kondisi jalan di Indonesia yang tidak dapat diprediksi, pengemudi harus tahu kapan waktunya memakai dan mematikan fitur cruise control pada kendaraannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.