Pasang Wireless Charging di Mobil, Cuma Modal Rp 1,5 Juta

Kompas.com - 13/07/2022, 14:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini beberapa mobil keluaran terbaru sudah dibekali dengan fitur canggih. Salah satunya adalah Wireless Charging seperti yang disematkan pada Toyota Fortuner.

Fitur ini biasanya terletak di bawah head unit atau di konsol tengah, seperti penyimpanan kecil.

Untuk mengaktifkannya pun mudah, pemilik kendaraan cukup menaruh ponsel di atas wadah wireless charging, namun ada juga yang perlu menekan tombol kotak yang berada di sekitar wireless charging.

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Kopling Mobil Manual Sudah Tipis

Setelah ponsel diletakan atau tombol ditekan, indikator lampu warna biru akan muncul menandakan fitur wireless charger aktif. Layar smartphone pun akan memberikan notifikasi battery charging.

Namun perlu diingat, fitur ini hanya bisa dipakai untuk smartphone yang sudah ada sensor Near-field Communication (NFC) dengan wireless charging support.

Wireless Charging Mini Cooper 5-DoorKompas.com/ApridaMegaNanda Wireless Charging Mini Cooper 5-Door

Fitur wireless charging ini tentu bisa memudahkan pemilik kendaraan yang ingin mengisi daya baterai ponsel tanpa ribet menggunakan kabel.

Bagi Anda yang ingin menambahkan fitur tersebut, bisa memasang wireless charging aftermarket, seperti yang diniagakan oleh Automania.

Pemilik workshop Automania Hendra Budiman mengatakan, fitur wireless charger ini bisa dipasang di Toyota Innova Reborn dan Venturer, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero, lansiran tahun 2016 hingga sekarang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by AUTOMANIA Official Instagram (@klikautomania)

“Akhir-akhir ini memang banyak yang pasang wireless charger, terutama di Innova Reborn dan Venturer. Karena pemasangannya Original Equipment Manufacturer (OEM) fit dan kegunaannya bantu sekali buat aktifitas sehari-hari di jalan raya,” ucap Hendra saat dihubungi Kompas.com, Rabu (13/7/2022).

Baca juga: Pilih Mana Ganti Motor Fan OEM atau Memperbaikinya?

Hendra melanjutkan, proses pemasangan memang cukup sulit, karena harus melepas konsol box tengah terlebih dahulu dan merubah posisi lighter ke wireless charging.

“Tapi kabelnya ada dua soket, alias tidak potong kabel. Plug and play,” kata dia.

Bicara soal waktu pemasangan Hendra mengaku hanya butuh waktu satu jam saja. Sementara untuk biayanya berada di kisaran Rp 1,5 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.