Kompas.com - 13/07/2022, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak produsen roda empat sekarang ini memperkenalkan dan mulai memasarkan mobil listrik. Tujuannya adalah untuk mengurangi emisi dan menciptakan lingkungan yang lebih hijau.

Termasuk Toyota yang sekarang ini memiliki bZ4x. Meski demikian, Toyota juga menyebutkan bahwa mobil listrik bukan satu-satunya solusi untuk mengurangi emisi.

Baca juga: Toyota Recall 2.700 Unit Mobil Listrik bZ4X

Gill Pratt, CEO Toyota Research Institute, mengatakan, dirinya yakin tergesa-gesa menuju masa depan dengan hanya mengandalkan Battery Electric Vehicle (BEV) bukan satu-satunya solusi terbaik planet ini.

Electric Global Modular Platform yang digunakan Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Electric Global Modular Platform yang digunakan Hyundai Ioniq 5

"Untuk sebagian orang, mobil listrik adakah jawaban yang tepat. Tapi, riset independen menyebutkan bahwa itu tidak berlaku untuk semua orang," ujar Pratt, dikutip dari Autoexpress.co.uk, Rabu (13/7/2022).

Pratt mengatakan, baterai lithium ion bukannya tanpa konsekuensi. Sebab, baterai tersebut dibuat menggunakan material yang sulit ditemukan, material yang ada di tambang. Berbeda dengan mesin konvensional yang menggunakan material umum.

Baca juga: Toyota Tergoda Bikin Mobil Listrik bZ4X Versi GR

Sementara Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), menurut Pratt, juga bukan pilihan sempurna. Namun, baterainya bisa digunakan secara maksimum tanpa perlu khawatir soal jarak tempuh.

Yamaha dan Toyota kembangkan mesin V8 bertenaga hidrogenDok. Carscoops.com Yamaha dan Toyota kembangkan mesin V8 bertenaga hidrogen

"PHEV memberikan menyediakan solusi yang bisa membantu orang untuk mendapatkan transportasi yang lebih ramah lingkungan," kata Pratt.

Toyota sendiri tidak hanya fokus pada kendaraan listrik. Pabrikan asal Jepang ini juga fokus mengembangkan mesin berbahan bakar hidrogen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.