Tips Penumpang agar Terhindar dari Kecelakaan Bus

Kompas.com - 11/07/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Transportasi umum seperti bus memang masih jadi andalan sebagian besar orang Indonesia. Namun, tidak jarang bus yang ditumpangi malah terlibat kecelakaan yang cukup parah.

Kalau beruntung, penumpang bisa keluar dari bus dengan selamat. Parahnya, tidak sedikit penumpang yang jadi korban akibat bus yang ditumpangi alami kecelakaan.

Lalu sebagai penumpang, bagaimana memilih angkutan umum yang aman dan selamat?

Baca juga: Bus Baru PO Kencana, Pakai Bodi Avante D2 Double Decker Berkelir Pink

Kecelakaan melibatkan bus transjakarta dan pemotor di simpang Pusat Grosir Cililitan (PGC), Kramatjati, Jakarta Timur, Sabtu (5/3/2022).TANGKAPAN LAYAR INSTAGRAM.com/INFO_JAKARTATIMUR Kecelakaan melibatkan bus transjakarta dan pemotor di simpang Pusat Grosir Cililitan (PGC), Kramatjati, Jakarta Timur, Sabtu (5/3/2022).

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, menggunakan transportasi umum memiliki risiko yang tinggi.

Selain itu, masih kerap ditemui pengemudi yang mengabaikan keselamatan. Jadi tidak jarang ditemui bus yang alami kecelakaan karena kecerobohan dari pengemudinya.

Sebagai penumpang, harus selalu waspada ketika naik transportasi umum. Ada beberapa tips bagaimana naik kendaraan umum dengan aman yang bisa dilakukan oleh penumpang.

Baca juga: Begini Kronologi Kecelakaan Charly Van Houten di Tol Cipularang


“Pertama, perhatikan cara mengemudinya. Apabila ugal-ugalan atau tidak terampil, segera ambil langkah untuk turun,” ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kedua, perhatikan apa yang harus dilakukan penumpang ketika dalam kondisi emergency. Perhatikan peralatan keselamatan apa saja yang tersedia. Jangan sampai penumpang terjebak apabila terlibat kecelakaan.

“Ketiga, tentukan di mana posisi duduk atau berdiri. Pastikan posisi mudah atau dapat menjangkau pintu dengan segera apabila dibutuhkan evakuasi darurat,” kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.