Kompas.com - 11/07/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Diler resmi terbesar Toyota, Auto2000 menyatakan kalau pertumbuhan kendaraan elektrifikasi berteknologi hibrida semakin meningkat.

Bahkan, diler Toyota di bawah payung Grup Astra ini menyataka, kalau sepanjang semester pertama tahun ini penjualan mobil hybrid tumbuh cukup signifikan dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Meskipun, Auto2000 tidak mau menyebutkan arti jargon signifikan yang digunakan pada penjelasan dalam data penjualan riil. Penjelasan itu disampaikan National Sales Division Head Auto2000 Yagimin, di Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Menurut Yagimin, masyarakat Indonesia sudah sangat sensitif terhadap isu ramah lingkungan dan berkeinginan untuk berkontribusi.

"Terlebih sekarang ada trigger seperti BBM yang melonjak cukup tinggi (harga), luar biasa. Ini membuat customer mulai melihat untuk mencari mobil yang hemat bahan bakar, efisien," kata dia.

Baca juga: Penjualan Mobil di Semester I/2022 Naik 20 Persen

Test Drive Toyota C-HR HybridKompas.com/Setyo Adi Test Drive Toyota C-HR Hybrid

Selain itu, dengan berlakunya penyesuaian skema Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) berdasarkan emisi gas buang kendaraan atau konsumsi bahan bakar, membuat mobil terkait jadi lebih terjangkau.

"Dengan diterapkan CO2 tax, Camry Hybrid dan Corolla Hybrid itu alami penurunan harga. Nah, ini mulai membuat orang mempertimbangkan bila mobil tersebut menjadi yang cukup affordable," kata dia.

"Lalu saat isu masuknya Indonesia ke era kendaraan ramah lingkungan melalui Euro 4. Ini juga membuat sebagian dari konsumen kami mulai mempertimbangkan kita berkontribusi menjaga lingkungan lebih baik," ucap Yagimin.

Baca juga: Polisi Pastikan Tidak Akan Tilang Pengendara yang Stut Motor

Test drive Toyota Corolla Cross HybridKOMPAS.com/Ruly Test drive Toyota Corolla Cross Hybrid

"Jadi untuk segmen tertentu mereka sudah menyasar beberapa produk yang ramah lingkungan. Mereka ingin berkontribusi ke pengurangan emisi," lanjutnya.

Diolah dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), berikut penjualan kendaraan listrik Toyota Januari-Mei 2022:

Toyota All New Corolla Cross Hybrid: 506 unit
Toyota All New Camry Hybrid: 174 unit
Toyota All new Corolla Altis Hybrid: 79 unit
Toyota C-HR Hybrid: 29 unit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.