Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Penumpang agar Terhindar dari Kecelakaan Bus

JAKARTA, KOMPAS.com - Transportasi umum seperti bus memang masih jadi andalan sebagian besar orang Indonesia. Namun, tidak jarang bus yang ditumpangi malah terlibat kecelakaan yang cukup parah.

Kalau beruntung, penumpang bisa keluar dari bus dengan selamat. Parahnya, tidak sedikit penumpang yang jadi korban akibat bus yang ditumpangi alami kecelakaan.

Lalu sebagai penumpang, bagaimana memilih angkutan umum yang aman dan selamat?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, menggunakan transportasi umum memiliki risiko yang tinggi.

Selain itu, masih kerap ditemui pengemudi yang mengabaikan keselamatan. Jadi tidak jarang ditemui bus yang alami kecelakaan karena kecerobohan dari pengemudinya.

Sebagai penumpang, harus selalu waspada ketika naik transportasi umum. Ada beberapa tips bagaimana naik kendaraan umum dengan aman yang bisa dilakukan oleh penumpang.

“Pertama, perhatikan cara mengemudinya. Apabila ugal-ugalan atau tidak terampil, segera ambil langkah untuk turun,” ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kedua, perhatikan apa yang harus dilakukan penumpang ketika dalam kondisi emergency. Perhatikan peralatan keselamatan apa saja yang tersedia. Jangan sampai penumpang terjebak apabila terlibat kecelakaan.

“Ketiga, tentukan di mana posisi duduk atau berdiri. Pastikan posisi mudah atau dapat menjangkau pintu dengan segera apabila dibutuhkan evakuasi darurat,” kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/11/074200715/tips-penumpang-agar-terhindar-dari-kecelakaan-bus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke