Honda Disebut Telah Menghancurkan Mental Alex Marquez di MotoGP

Kompas.com - 08/07/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Alex Marquez resmi hengkang dari tim LCR Honda. Adik kandung  Marc Marquez itu dipastikan akan memperkuat tim satelit Ducati, Gresini Racing pada MotoGP 2023 mendatang.

Alex Marquez akan bermitra dengan Fabio Di Giannantonio yang telah memperpanjang kontraknya dengan Gresini, dan akan menggantikan posisi Enea Bastianini.

Kepindahan Alex Marquez ke tim Gresini Racing mendapat respons dari pengamat top MotoGP, Carlo Pernat. Menurut Pernat, Honda telah menghancurkan mental Alex Marquez.

Baca juga: Apakah Boleh Menunjukan Foto SIM di Ponsel Saat Kena Razia?

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh MotoGP™ (@motogp)

Performa Alex memang tak semoncer Marc. Sejak gabung bersama pabrikan itu, Alex belum mampu menunjukkan statusnya sebagai juara Moto3 dan Moto2

Tiga tahun bersama Honda, hasil terbaiknya hanya saat di musim perdana. Pada musim pertama dengan Repsol Honda, Alex Marquez dua kali naik podium. Dia menutup musim di peringkat 14 dengan koleksi 74 poin. Sisanya dia belum pernah masuk tiga besar.

Pernat bilang keputusan Honda untuk memindahkannya dari tim pabrikan ke satelit adalah kesalahan terbesar Honda.

Baca juga: Alasan Kenapa Mobil Masih Bisa Jalan meskipun Indikator Bensin E

“Seorang pebalap yang telah memenangkan dua gelar dunia, satu di Moto3 dan satu di Moto2, tidak mungkin seburuk itu,” ujar Pernat, dilansir dari GPone (8/7/2022).

“Mereka membawanya ke tim pabrik dan langsung mengatakan kepadanya bahwa dia akan membalap untuk tim satelit tahun depan," kata dia.

Sejak beralih dari tim pabrikan ke LCR, Alex Marquez belum dapat meraih podium lagi. Dia menyelesaikan musim 2021 di klasemen 16, dan saat ini berada di posisi ke-18 di klasemen sementara MotoGP 2022.

"Itu menghancurkan mentalnya. Mereka seharusnya melakukan yang sebaliknya. Ini salah Honda," ucap Pernat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.