Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menguji Fitur Anti Tabrak di Toyota Veloz, Ini Hasilnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi lalu lintas yang kerap macet terutama di jalan Ibu Kota kerap membuat pengemudi alami kelelahan.

Rasa lelah ini bisa menyebabkan konsentrasi pengemudi terganggu, seperti tanpa sadar menekan pedal gas, atau lupa mengubah posisi tuas ke netral sehingga mobil terus meluncur dan tanpa sengaja menabrak kendaraan yang berada di depan.

Untuk menghindari kejadian seperti itu, produsen otomotif Toyota, menyematkan fitur keamanan Toyota Safety Sense (TSS) pada beberapa kendaraan terbarunya, seperti pada All New Veloz.

Dalam kegiatan media experience bertajuk Safe Jakarta, Tim redaksi pun berkesempatan menguji coba fitur untuk mencegah tabrakan pada Toyota Veloz yakni Pre-Collision Warning dan Pre-Collision Braking.

Untuk menguji kedua fitur ini disediakan sebuah objek menyerupai bagian belakang All New Veloz (dummy) sebagai penanda.

Kemudian, tim redaksi diminta untuk melaju dengan kecepatan konstan menuju objek tersebut tanpa menginjak pedal rem. Pedal gas pun ditekan dengan kecepatan 40 Km.

Saat mendekati objek, fitur Pre-Collision Brake langsung mendeteksi adanya benda tersebut. Mobil pun langsung berhenti dengan sendirinya tanpa pengemudi menginjak rem.

Setelah mobil berhenti, pengemudi sebaiknya langsung sigap untuk menginjak pedal rem, agar mobil tidak meluncur menabrak kendaraan yang berada di depannya.

Namun perlu digaris bawahi, fitur ini baru akan bekerja jika pengemudi dalam kecepatan yang konstan, tidak melepas pedal gas ataupun menginjak rem. Pasalnya, jika hal tersebut dilakukan, sensor tidak bisa terbaca dan fitur ini tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/30/134100715/menguji-fitur-anti-tabrak-di-toyota-veloz-ini-hasilnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke