Kejadian Lagi, Aksi Pelemparan Batu di Jalan Tol

Kompas.com - 30/06/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi pelemparan batu terhadap pengemudi mobil di ruas jalan tol kembali terjadi.

Peristiwa tersebut viral di media sosial setelah video diunggah oleh akun Tiktok bernama @huggyheart.

Dalam tayangan itu, memperlihatkan mobil yang sedang terparkir di pinggir jalan tol, tepatnya sebelum pintu keluar Bekasi Timur.

Kaca depan mobil tersebut mengalami retak pada bagian tengah, akibat terkena batu yang dilempar oleh anak kecil dari samping jalan tol.

Kejadian nya sebelum bekasi timur, bocah” lgi pada main di samping jalan tol, ada 1 bocah lempar batu ke arah jalan tol, al hasil mobil gue kenaaaa,” tulis keterangan unggahan tersebut.

Baca juga: Beda Busi Motor Manual dan Skutik

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu kembali mengingatkan soal pentingnya waspada dalam berkendara. Terutama terhadap objek yang terlihat umum namun memiliki tingkat risiko tinggi.

"Kejadian seperti ini pernah terjadi sebelumnya, ini memang berbahaya dan tidak manusiawi karena pelaku tidak memikirkan apa dampaknya terhadap korban. Menyikapi ini, pada umumnya kita harus bisa meningkatkan kewaspadaan saat berkendara," ucap Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

@huggyheart kejadian nya sebelum bekasi timur, bocah” lgi pada main di samping jalan tol, ada 1 bocah lempar batu ke arah jalan tol, al hasil mobil gue kenaaaa ????????#fyp ? Rumah Singgah - Fabio Asher

Selain wajib memiliki tingkat waspada saat berkendara, Jusri melanjutkan, ada teknik lain untuk menghindari terkena lemparan batu yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Salah satunya adalah dengan mengasah panca indra penglihatan. Tak hanya memastikan visibilitas yang mumpuni, namun juga diharapkan dengan kemampuan mata bisa menganalisa adanya risiko-risiko yang mungkin terjadi sebagai langkah antisipasi, terutama saat berkendara dalam kondisi yang masih terang, seperti pagi dan siang hari.

Menurut Jusri, ada dua zona kemampuan mata dalam melihat sesuatu dalam konteks safety driving dengan asumsi mata yang masih normal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.