Krisis Bahan Baku, Harga Ban Motor Bakal Melonjak

Kompas.com - 27/06/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah pandemi Covid-19, industri otomotif nasional masih harus menghadapi sejumlah tantangan berat sepanjang 2022z. Satu di antaranya, terkait soal kelangkaan bahan baku atau material yang membuat produksi jadi terhambat.

Belum tuntas persoalan kelangkaan cip semikonduktor, kini para pelaku industri otomotif menghadapi tantangan baru. Kondisi bahan baku yang minim membuat pengiriman terpantau mengalami kenaikan.

Zandhy Utama, FDR Division Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) mengatakan, harga material mentah saat ini mulai merangkak naik. Hal tersebut tentu bisa berdampak pada produksi.

Baca juga: Polisi Tindak Mobil Ormas yang Pakai Sirene di Tengah Kemacetan

Periksa ban motorShutterstock Periksa ban motor

So far memang kami lagi ada kendala di material. Karena sekarang material lagi susah juga, karena urusan global juga, jadi pasti berdampak,” ujar Zandhy di Jakarta (25/6/2022).

Zandhy mengatakan, pihaknya belum bisa menyebut dampak konkret dari kenaikan harga bahan baku. Namun bukan tak mungkin bila harga ban motor bakal mengalami lonnjakan.

“Terkait dengan pengadaan dan harga-harganya ini. Itu yang kami semua coba redam, supaya kami tetap bisa berproduksi, bisa untuk men-support kebutuhan nasional. Tapi stok aman, produksi ban sekarang ini masih lancar,” kata Zandhy.

Baca juga: Penyakit Umum Nissan Grand Livina Bekas, Mesin Ngelitik Boros BBM

“Mungkin penyesuaian ada, karena kami enggak mungkin mengabaikan itu. Tapi seoptimal mungkin, kami akan meredam ini. Semoga di marketnya tidak merasakan, biarlah di level kami yang menanggung,” kata dia.

Bicara soal harga, saat ini ban FDR rata-rata dibanderol mulai Rp 200.000-an hingga Rp 400.000-an untuk tipe skutik.

Tapi selama ajang Jakarta Fair Kemayoran 2022, FDR memberikan penawaran menarik harga ban mulai Rp 100.000-an.

Baca juga: Viral, Polisi Tidur Berjejer Sampai 20 Baris di Tangerang

Booth FDR yang menawarkan ban motor di Jakarta Fair Kemayoran 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Booth FDR yang menawarkan ban motor di Jakarta Fair Kemayoran 2022

“Diskon up to 20 persen tergantung tipenya. Jadi tipe tertentu ada yang 20 persen, ada yang 15 persen dan 10 persen,” ucap Zandhy.

“Lalu ada hadiah langsung, dan hadiah pembelian. Terus kalau pembelian lebih dari satu, ada potongan cashback Rp 5.000 – Rp 10.000,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.