Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toprak Jajal Motor Balap Yamaha YZR-M1, Ini Bedanya dengan Superbike

JAKARTA, KOMPAS.com - Toprak Razgatlioglu belum memiliki peluang untuk bergabung ke MotoGP. Namun, Yamaha tetap memberikannya kesempatan untuk mencoba YZR-M1.

Juara dunia World Superbike (WorldSBK) 2021 ini mencoba Yamaha M1 pada sesi tes privat di Sirkuit Aragon, Spanyol. Toprak pun langsung memanfaatkannya dengan melakukan 40 lap.

"Itu adalah pertama kalinya saya dengan Yamaha M1. Motor MotoGP terasa sangat berbeda dengan R1 saya. Lebih bertenaga, elektronik berbeda, girboks seamless, semua itu baru bagi saya," ujar Toprak, dikutip dari Speedweek.com, Minggu (26/6/2022).

Toprak menambahkan, dirinya banyak belajar seiring dengan setiap lap yang dia lakukan. Menurutnya, tidak mudah untuk beradaptasi dengan motor MotoGP.

"Motornya terasa enak, khususnya saat trek lurus, di mana motor ini sangat kencang, dan rem karbonnya menarik," kata Toprak, yang juga baru pertama kali merasakan ban Michelin.

Dalam sesi tes ini, Toprak tidak sendirian. Dia ditemani oleh test rider Yamaha, yakni Cal Crutchlow.

"Untungnya, Cal ada di sana, karena dia sangat membantu saya. Kondisinya sangat panas. Jadi, setelah 12 lap pertama, kami membatasinya dengan enam lap," ujar Toprak.

Yamaha tidak membeberkan catatan waktu Toprak. Namun, kabarnya catatan waktu yang dia miliki tidak jauh berbeda dengan Crutchlow.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/26/090100215/toprak-jajal-motor-balap-yamaha-yzr-m1-ini-bedanya-dengan-superbike

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke