Mitos atau Fakta, Cuci Mobil Hidrolik Bisa Merusak Kaki-kaki?

Kompas.com - 25/06/2022, 16:22 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Mencuci mobil merupakan perawatan rutin untuk membuat tampilan selalu bersih dan mengkilap. Bisa dilakukan sendiri maupun membawa ke tempat cuci mobil

Satu hal positif mencuci mobil di tempat pencucian bagian kolong diangkat sehingga area kaki-kaki bisa ikut di bersihkan. Meski begitu, tetap saja ada pro dan kontra soal anggapan cuci mobil dengan hidrolik model X bisa menyebabkan rusaknya komponen kaki-kaki. 

Untuk lebih detailnya, Foreman Nissan Setiabudi Semarang Wisnu Wardhana mengatakan, bahwa kerusakan bila terlalu sering membawa mobil ke tempat pencucian hidrolik tidaklah benar. 

Baca juga: Kenali Penyebab dan Cara Menangani Diesel Runway

"Tidak benar, asal penempatan posisi mobil di atas hidrolik tepat bagian komponen kaki-kaki tidak akan masalah," ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (25/6/2022). 

Cuci mobil hidrolikKOMPAS.com/Gilang Cuci mobil hidrolik

Wisnu menganjurkan para pemilik mobil untuk memilih tempat cuci mobil dengan model H. Secara akomodasi lebih mudah dalam penempatan mobil dan juga tidak perlu penyetelan kaki lift agar pas dan sesuai dengan kondisi kaki-kaki mobil. 

Meski demikian, untuk pengaturan hidrolik model X titik tumpu lifting poin tiap kendaraan berbeda.  

"Tiap kendaraan memiliki tempat lifting point yg berbeda beda. Untuk itu penempatan posisi dudukan lift X nya di sesuai kan dengan itu," ujarnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.