Begini Tips Berkendara Aman Lewati Pelintasan Kereta Api

Kompas.com - 25/06/2022, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelintasan rel kereta di Indonesia masih ada yang kondisi aspalnya kurang baik. Sehingga jika salah memilih jalan, motor bisa tersangkut dan sulit melewatinya.

Salah satu contoh pengendara motor yang tersangkut di rel kereta bisa dilihat pada video yang diunggah akun infodepok_id. Seorang perempuan mengalami kesulitan saat akan melewati perlintasan kereta.

Motor pengendara tersebut nampak tersangkut, roda depan dan belakang tidak bisa melewati rel dengan baik. Bahkan disebutkan kalau mesinnya sampai mati dan terpaksa harus didorong.

Baca juga: Asal Tancap Gas, Bokong Pajero Sport Dihajar Kereta Api

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Depok (@infodepok_id)

 

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani memberikan tips bagaimana cara aman untuk melewati rel kereta, terutama jika pelintasannya punya jalan yang jelek.

"Pertama, sebaiknya cari bagian yang tinggi jalannya sejajar dengan rel agar mudah dilewati, kedua jangan langsung melewati rel tetapi sebaiknya berhenti dulu sejenak agar kita dapat memilih rute atau jalan yang aman untuk dilewati," ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (25/6/2022).

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Mobil Transmisi Matik AT atau CVT?


Kemudian jika mesin motor mati usahakan tidak panik dan coba untuk pencet starter motor agar kembali nyala. Namun jika masih sulit untuk menyalakan motornya, segera turun dan dorong.

"Jika tidak mampu mendorong motor maka jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain untuk mendorong motor kita," kata Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.