Kenali Penyebab dan Cara Menangani Diesel Runway

Kompas.com - 25/06/2022, 09:12 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com -  Sebuah video yang diunggah group facebook @Motuba ramai dengan komenter netizen.

Video tersebut melihatkan Ford Ranger mengeluarkan asap putih dari knalpot, hingga sempat membuat pengemudi berhenti dan mengecek sebelum kembali melanjutkan perjalanan. 

"hampir terjadi diesel runaway mbah. Setelah berhenti, matiin mesin, terus mau nyari parkir yang aman sempet mesin meraung. Untung ngga sampai keblabasen bisa dimatiin," tulis keterangan pada unggahan tersebut. 

Baca juga: Kebiasan Ini yang Bikin Mobil Diesel Masuk Angin

 

Diesel runaway pada mobil solar memang menjadi musuh besar. Bila sampai kejadian, kerap membuat pengendara panik lantaran mesin tak bisa langsung dimatikan . 

Menurut Wisnu Wardhana Foreman Nissan Setiabudi Semarang, kebocoran seal oli turbo menyebabkan pelumas tersedot naik dan masuk ke ruang bakar.

Hal tersebut bisa juga bersumber dari kalibrasi ECU yang salah perhitungan, maupun kerusakan pompa bahan bakar Solar

"Kasus terbanyak berasal dari seal turbo bocor yang menyedot oli mesin masuk ke dalam ruang pembakaran," ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (24/6/2022). 

Baca juga: Kenapa Mesin Diesel Kerap Keluarkan Asap Hitam?

Untuk menghentikan diesel runaway ketika terjadi, pengendara memang tak banyak punya pilihan selain menunggu mesin mati ketika Solar dalam tangki bahan bakar habis. 

Hal senada juga disampaikan Agung Prastowo, Kepala Bengkel Mandiri Jaya Motor (Ford Kudus). Menurt dia, persoalan diesel runaway sebenarnya merupakan masalah kerusakan kendaraan yang baru bisa berhenti bila oli mesin atau bahan bakar habis. 

Saat alami runaway, mesin diesel akan terus menyala walaupun kontak sudah pada posisi off.- Saat alami runaway, mesin diesel akan terus menyala walaupun kontak sudah pada posisi off.

Untuk mematikan mesin yang mengalami diesel runaway kata Agung, bisa dengan cara menghentikan jalur masuk udara ke mesin.  

"Mengatasi diesel runaway kita berusaha menghentikan supplay udara masuk ke mesin dengan menutup saluran udara dengan kain basah," ujarnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.