Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2022, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum genap sebulan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan New Sirion, mobil ini langsung diajak menjelajah Sulawesi Utara. Khususnya, Kota Manado dan Tomohon.

Selama tiga hari, 21-23 Juni 2022, New Sirion menempuh berbagai destinasi dan tujuan, mulai lokasi perkotaan hingga perbukitan. Jalur yang dilewati juga sangat beragam. Daihatsu menyediakan enam unit New Sirion yang masing-masing diisi oleh empat orang dewasa.

Baca juga: Bahas Kenyamanan Berkendara di Balik Kemudi Daihatsu New Sirion

Pada hari pertama, perjalanan dimulai dari Bandara Sam Ratulangi menuju Danau Linow, dan Rumah Panggung Woloan. Danau Linow merupakan danau vulkanik yang berlokasi di dekat Manado yang memiliki komposisi kimiawi dan jumlah belerang yang sangat besar.

Sehingga, memiiki keunikan warna danau yang sering berubah menjadi tiga warna, mulai merah, hijau tua, dan biru gelap.

Test drive Daihatsu New SirionDok. ADM Test drive Daihatsu New Sirion

Sedangkan pada Rumah Panggung Woloan merupakan rumah adat tradisional Minahasa berbentuk rumah panggung atau rumah kolong. Bangunan pemukiman ini berbentuk panggung dan telah dikenal sebagai bangunan tahan gempa.

Selain bentuk yang estetis, rumah ini juga tahan dari guncangan gempa, sehingga produksi rumah tradisional ini menjadi salah satu komoditas ekspor ke negara Argentina dan Venezuela.

Perjalanan hari pertama didominasi trek lurus dan jalanan perkotaan. Jadi, masih banyak jalanan yang mulus ditemukan. Akselerasi dari transmisi yang baru, D-CVT, juga dapat dirasakan. Dengan lalu lintas yang cukup ramai, fitur Idle Stop System (ISS) juga dapat digunakan.

Baca juga: Bukan Hanya Soal Harga, Ini Alasan Daihatsu New Sirion Tanpa Fitur ASA

Pada hari kedua, New Sirion diajak menuju dua destinasi unik lainnya di daerah Tomohon, yakni Bukit Tetetana dan Tuur Ma'asering. Dua destinasi wisata ini cukup banyak dikunjungi para wisatawan.

Test drive Daihatsu New SirionDok. ADM Test drive Daihatsu New Sirion

Para pengunjung dapat melihat keindahan Kota Manado dari puncak Bukit Tetetana. Pada bagian puncak bukit ini, kita dapat melihat pemandangan empat wilayah daerah di Provinsi Sulawesi Utara yang terhampar seperti wilayah Tanawangko, Kabupaten Minahasa, Kota Manado, dan Kabupaten Minahasa Utara. Lalu wilayah Kecamatan Tombulu, Minahasa, hingga ke Kota Bitung.

Sedangkan pada Tuur Ma'asering merupakan salah satu lokasi wisata terbaru yang mempunyai konsep unik dengan nuansa hutan pohon aren. Ditambah lagi dengan bangunan kafe yang terbuat dari kayu dan bambu dengan perpaduan wisata alam dan kebudayaan.

Salah satu keunikan destinasi ini adalah terdapat tempat penyulingan cap tikus, di mana pengunjung bisa menyaksikan langsung bagaimana proses pembuatan minuman khas Minahasa.

Baca juga: Toyota Indonesia Ajak Masyarakat Bedah Teknologi Veloz Terbaru

Test drive Daihatsu New SirionKompas.com/Donny Test drive Daihatsu New Sirion

Perjalanan hari kedua ini kurang lebih menempuh jarak sekitar 60 kilometer. Tapi, dengan rute yang cukup menantang bagi New Sirion. Banyak tanjakan dan turunan yang cukup curam. Semakin menantang karena setiap mobil diisi oleh empat orang dewasa.

Rute tersebut juga sekaligus berguna untuk merasakan fitur Hill Start Assist (HSA) saat tanjakan. Sedangkan saat turunan, New Sirion dengan transmisi D-CVT memiliki tuas transmisi B (Braking) yang berfungsi sebagai engine brake.

Test drive Daihatsu New SirionDok. ADM Test drive Daihatsu New Sirion

Pada hari ketiga, perjalanan dimulai menuju destinasi Pasar Ekstrem Tomohon. Pasar ini tak hanya menjual berbagai komoditi hasil pertanian, ikan, hingga barang kebutuhan rumah tangga. Namun, sesuai namanya, pasar ini juga menjual bahan makanan yang tidak pada umumnya, seperti daging ular, kelelawar, tikus, anjing, hingga kucing. Pasar daging hewan liar Tomohon ini sudah ada sejak zaman Belanda.

Setelah itu, Daihatsu dan pelanggan kembali melanjutkan perjalanan menuju Astra Daihatsu Martadinata yang berlokasi di Kota Manado untuk melakukan outlet tour sekaligus menjadi destinasi penutup pada test drive kali ini.

Baca juga: Viral Video Motor Ditilang di Diler, Ternyata Melanggar Banyak Aturan

Test drive Daihatsu New SirionDok. ADM Test drive Daihatsu New Sirion

Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, melalui kesempatan test drive ini, Daihatsu New Sirion telah terbukti aman, nyaman, dan fun to drive dalam digunakan baik di area perkotaan, maupun area lainnya.

"Daihatsu berharap, New Sirion dapat diterima oleh para Sahabat Muda di Indonesia, khususnya pelanggan di Sulawesi Utara yang juga menjadi salah satu area penjualan Daihatsu terbaik di Indonesia, serta berkontribusi positif bagi pasar otomotif nasional," ujar Sri Agung, dalam keterangan resminya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com