Jelajah Manado-Tomohon Bersama Daihatsu New Sirion

Kompas.com - 25/06/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum genap sebulan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan New Sirion, mobil ini langsung diajak menjelajah Sulawesi Utara. Khususnya, Kota Manado dan Tomohon.

Selama tiga hari, 21-23 Juni 2022, New Sirion menempuh berbagai destinasi dan tujuan, mulai lokasi perkotaan hingga perbukitan. Jalur yang dilewati juga sangat beragam. Daihatsu menyediakan enam unit New Sirion yang masing-masing diisi oleh empat orang dewasa.

Baca juga: Bahas Kenyamanan Berkendara di Balik Kemudi Daihatsu New Sirion

Pada hari pertama, perjalanan dimulai dari Bandara Sam Ratulangi menuju Danau Linow, dan Rumah Panggung Woloan. Danau Linow merupakan danau vulkanik yang berlokasi di dekat Manado yang memiliki komposisi kimiawi dan jumlah belerang yang sangat besar.

Sehingga, memiiki keunikan warna danau yang sering berubah menjadi tiga warna, mulai merah, hijau tua, dan biru gelap.

Test drive Daihatsu New SirionDok. ADM Test drive Daihatsu New Sirion

Sedangkan pada Rumah Panggung Woloan merupakan rumah adat tradisional Minahasa berbentuk rumah panggung atau rumah kolong. Bangunan pemukiman ini berbentuk panggung dan telah dikenal sebagai bangunan tahan gempa.

Selain bentuk yang estetis, rumah ini juga tahan dari guncangan gempa, sehingga produksi rumah tradisional ini menjadi salah satu komoditas ekspor ke negara Argentina dan Venezuela.

Perjalanan hari pertama didominasi trek lurus dan jalanan perkotaan. Jadi, masih banyak jalanan yang mulus ditemukan. Akselerasi dari transmisi yang baru, D-CVT, juga dapat dirasakan. Dengan lalu lintas yang cukup ramai, fitur Idle Stop System (ISS) juga dapat digunakan.

Baca juga: Bukan Hanya Soal Harga, Ini Alasan Daihatsu New Sirion Tanpa Fitur ASA

Pada hari kedua, New Sirion diajak menuju dua destinasi unik lainnya di daerah Tomohon, yakni Bukit Tetetana dan Tuur Ma'asering. Dua destinasi wisata ini cukup banyak dikunjungi para wisatawan.

Test drive Daihatsu New SirionDok. ADM Test drive Daihatsu New Sirion

Para pengunjung dapat melihat keindahan Kota Manado dari puncak Bukit Tetetana. Pada bagian puncak bukit ini, kita dapat melihat pemandangan empat wilayah daerah di Provinsi Sulawesi Utara yang terhampar seperti wilayah Tanawangko, Kabupaten Minahasa, Kota Manado, dan Kabupaten Minahasa Utara. Lalu wilayah Kecamatan Tombulu, Minahasa, hingga ke Kota Bitung.

Sedangkan pada Tuur Ma'asering merupakan salah satu lokasi wisata terbaru yang mempunyai konsep unik dengan nuansa hutan pohon aren. Ditambah lagi dengan bangunan kafe yang terbuat dari kayu dan bambu dengan perpaduan wisata alam dan kebudayaan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.