Apakah Perlu Mengisi Udara pada Ban Mobil Pakai Nitrogen?

Kompas.com - 25/06/2022, 10:22 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mengisi udara pada ban memang bisa dilakukan di mana saja asal ada alatnya, yaitu kompresor udara. Tapi, banyak juga pengusaha yang menyediakan nitrogen sebagai pilihan pengisian udara pada  ban.

Pasalnya, ban yang diisi dengan nitrogen dipercaya lebih nyaman dan stabil saat kendaraan digunakan. Bahkan ada yang mengatakan isi udara pada ban menggunakan gas nitrogen bisa menghemat konsumsi bahan bakar.

Namun, apakah benar seperti itu keunggulan nitrogen daripada udara biasa saat digunakan untuk mengisi udara pada ban?

Baca juga: Apa Benar Pakai Nitrogen Bisa Bikin Ban Lebih Awet?

Sebelum road trip, pastikan seluruh aspek kendaraan berada dalam kondisi prima, termasuk ban mobil.                    Bridgestone Sebelum road trip, pastikan seluruh aspek kendaraan berada dalam kondisi prima, termasuk ban mobil.

Service Manager Setiawan Spooring, Rudy Antono mengatakan, ban yang diisi dengan nitrogen punya beberapa manfaat termasuk membuat laju kendaraan menjadi semakin halus.

“Ban yang diisi udara biasa, itu sebenarnya terisi dengan berbagai unsur gas, sedangkan jika diisi nitrogen itu memastikan hanya nitrogen saja unsur gas yang masuk, sehingga lebih homogen. Nitrogen sendiri merupakan gas dingin yang tahan panas jadi tidak berubah-ubah menjadi uap air dan tidak memuai terlalu banyak, jadi laju mobil lebih stabil” ucap Rudy kepada Kompas.com

Selain sifatnya yang stabil, gas nitrogen juga mudah didapatkan sebab lebih dari 70 persen gas yang ada di atmosfer bumi adalah nitrogen. Sehingga, yang diperlukan alat pengisian nitrogen hanyalah menyaring udara agar nitrogen saja yang terserap di dalam alat tersebut. Berbeda dengan gas lainnya, bisa habis dan perlu melakukan isi ulang.

Baca juga: Begini Efeknya jika Mencampur Nitrogen dengan Udara Biasa pada Ban

Ilustrasi ban mobil.Dok. Shutterstock Ilustrasi ban mobil.

“Selain itu, nitrogen merupakan gas yang memiliki ukuran partikel besar, sehingga membuat angin ban lebih awet karena tidak mudah bocor lewat pori-pori ban atau celah ban dan velg,” kata Rudy.

Jika memang seperti itu kelebihan gas nitrogen untuk angin ban, tidak ada salahnya mengisi anign ban dengan nitrogen. Harganya juga relaitf murah untuk mengisi ke empat ban mobil.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.