Kompas.com - 24/06/2022, 12:31 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Tak hanya mesin diesel, Toyota Kijang Innova bensin dengan kapastias 2.000 cc juga digadang-gadang memiliki penyakit umum, yakni kebocoran pada oli cover timing chain.

Salah satu penyebabnya karena faktor usia yang disertai dengan tingginya jam terbang dari kendaraan. Kondisi tersebut membuat sealent cover timing chain mengelupas.

Meski dianggap menjadi hal yang wajar, tapi bila dibiarkan rembesan oli bisa meyebabkan volume oli mesin berkurang drastis. 

Baca juga: Ini Artinya Saat Indikator T-Belt pada Innova dan Fortuner Menyala

Paska Estu Wicaksono Technical Leader Toyota Nasmoco Pemuda Semarang  menjelaskan, kebocoran pada titik tersebut biasanya diatasi mekani dengan melapisi sealent tahan panas yang baru.

Auto2000Auto2000 Auto2000

Namun sejumlah komponen seperti waterpump dan radiator juga turut dibongkar dalam proses pengerjaannya. 

"Blok mesin Innova letak beberapa part jaraknya mepet. Jadi untuk perbaikan mekanik membongkar komponen radiator, dan waterpump. Lalu dibersihkan dan diteliti di mana letak kebocoran. Setelah itu di sealent ulang, untuk dipasang kembali," ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (23/6/2022). 

Baca juga: Oli Rembes pada Mobil Matik Usai Liburan, Simak Potensi Penyebabnya

Lebih lanjut Paska mengatakan, ciri-ciri kebocoran oli yang sudah mendekati level bahaya di tandai indikator oli pada meter cluster yang menyala. Biasanya volume pelumas sudah berada di bawah batas aman garis dipstick

"Kebocoran oli menyebabkan kurangnya oli dalam oil pan. Posisi di bawah low sangat berbahaya. Bisa di tunjukan indikator tekanan oli, sebelum merusak komponen," ujarnya. 

Cover Timing Chain InnovaDicky Aditya Wijaya Cover Timing Chain Innova

Lalu, kerak sisa kebocoran oli yang bercampur kotoran bila tidak dibersihkan bisa berimbas pada fan belt yang getas. 

Paska mengatakan, durasi waktu pengerjaan biasanya sekitar 1-2 hari. Nantinya bila ditemui kerusakan pada komponen lainnya seperti waterpump, by pass radiator, atau setel ulang timing chain bisa sekaligus dikerjakan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.