Lakukan Ini jika Mendengar Bunyi dari Kap Mesin Mobil

Kompas.com - 21/06/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kekedapan suara di dalam mobil memang menjadi prioritas beberapa orang dalam memilih mobil. Secara, semakin mahal unit seharusnya memiliki kekedapan suara yang maksimal.

Namun, tidak hanya pemilik mobil mewah, siapa saja yang memiliki mobil pasti bakal merasa terganggu jika tiba-tiba kendaraan mengeluarkan bunyi yang tidak seperti biasanya.

Otomatis, muncul rasa takut jika sumber bunyi tersebut merupakan komponen yang kendur atau rusak. Sehingga pengendara menjadi tidak nyaman selama melaju di jalan.

Bahkan, ketidaknyamanan itu memang karena bunyi yang berisik, sehingga mengganggu konsentrasi dalam berkendara.

Baca juga: Terdengar Bunyi Aneh, Ternyata Kucing Terjebak di Bodi Motor

Ruang mesin Chery Tiggo 7 ProKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Ruang mesin Chery Tiggo 7 Pro

Salah satunya yang mengganggu adalah bunyi getaran kap mesin. Biasanya bunyi ini akan muncul tiba-tiba, karena memang sewajarnya getaran kap mesin tidak menimbulkan bunyi. Secara, di dalam kap mesin dilengkapi karet peredam yang biasa disebut bumper hood.

Foreman Nissan Bintaro Mukti Aji mengatakan bemper hood bisa diatur sedemikian rupa untuk meredam getaran kap mesin atau mengatur celah kap mesin dengan grill.

“Bisa disetel dengan memutarnya, agar celah kap mesin dengan grill sesuai, juga bisa sebagai peredam getaran kap mesin,” ucap Mukti kepada Kompas.com, Selasa (21/6/2022)

Baca juga: Bukan Dibanting, Begini Cara Tepat Menutup Kap Mesin

Ilustrasi mobil HondaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi mobil Honda

Dilihat dari letaknya, bumper hood memang terjepit oleh kap mesin. Seingga, komponen ini menjadi kunci utama peredam getaran. Mengingat karet ini bisa disetel, maka ada kemungkinan setelan bumper hood berubah karena getaran atau memang rusak.

Sehingga, ketika kap mesin sampai bunyi getar, maka hal pertama yang perlu diperiksa adalah bumper hood; karet berbentuk silinder yang bisa diputar untuk menentukan panjangnya.

Ketika kap mesin bunyi bergetar, maka bisa dicoba untuk menyetel bumper hood ke tingkat yang lebih panjang sehingga getaran kap mesin menjadi lebih teredam.

Caranya; buka kap mesin dan cari bumper hood; menggantung di sudut-sudut kap mesin atau menonjol di rangka. Jumlahnya sendiri bisa lebih dari dua

Baca juga: Cara Menghilangkan Bunyi Dengung pada Gardan Mobil

Sedangkan jika bumper hood diputar sudah tidak bisa mengubah panjangnya, besar kemungkinan karet ini sudah rusak dan perlu diganti. Untuk harganya sendiri relatif murah di pasaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.