Norton Mulai Serius Garap Proyek Motor Listrik

Kompas.com - 19/06/2022, 10:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Merek sepeda motor legendaris asal Inggris, Norton, mengumumkan siap mengembangkan motor listrik. Proyeknya diberi nama Project Zero Emission Norton.

Project Zero Emission Norton berjalan setelah Norton menerima dana inisiatif Advanced Propulsion Center 19 dari pemerintah Inggris.

Norton mengatakan, motor listrik ini tidak hanya akan menghasilkan motor yang punya performa tinggi tapi juga punya jarak tempuh jauh.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Jerman 2022, Bagnaia Raih Pole Position

Norton Atlas Ranger Foto: jason_critchell Norton Atlas Ranger

Motor listrik hingga saat ini menawarkan rentang atau performa, karena bobot dan ukuran baterai berkompromi dengan desain kendaraan. Namun, dengan menggunakan pengalaman rekayasa dan desain yang luas dalam tim Norton, proyek ini tampaknya akan menghilangkan kompromi tersebut sekaligus memberikan performa balapan dan jangkauan touring,” tulis Norton dikutip dari Rideapart.com, (19/6/2022).

Nantinya motor listrik Norton akan menghadang Energica dan Zero Motorcycles. Untuk mengembangkan proyek ini, Norton, menggandeng beberapa pihak mulai Delta Cosworth, HiSpeed Limited, Formaplex Technologies, M&I Materials, INDRA, dan WMG di University of Warwick.

Delta Cosworth akan mengerjakan baterai, kemudian HiSpeed Limited urusan desain dan manufaktur. Formaplex Technologies mengerjakan komposit, sementara M&I Materials mengembangkan oli pendingin di elektrik.

Baca juga: 5 Hari Operasi Patuh Jaya 2022, Sebanyak 12.217 Pengendara Ditindak

Norton V4SVFoto: Bikesrepublic Norton V4SV

Kemudian INDRA mengembangkan teknologi pengisian kendaraan ke rumah. Serta WMG akan membantu dalam teknologi baterai, pemodelan, dan pengembangan perangkat lunak.

Sayangnya meski sudah mengumumkan untuk mengembangkan motor listrik, Norton tidak memberi target kapan produk itu akan keluar.

Untuk diketahui, Norton Motorcycles sudah resmi diakuisisi TVS Motorcycles pada 2020. Saat itu Direktur Pelaksana TVS Sudarshan Venu memberi wacana bahwa Norton akan mengembangkan motor listrik.

Setahun kemudian, pada Juni 2021, Norton terlibat dalam pengembangan motor listrik Universitas Warwick. Dengan tujuan utamanya ikut balapan Isle of Man TT Zero.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber rideapart
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.