Jangan Asal, Pahami Arti Angka dan Huruf Tuas Transmisi Matik

Kompas.com - 17/06/2022, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena beda mekanisme kerja, mobil matik juga memiliki kode pada tuas transmisi yang berbeda dengan manual.

Tak hanya sekadar angka, pada tuas transmisi matik kode yang tertulis juga berdasarkan huruf guna melambangkan masing-masing fungsi.

Nah, bagi pegemudi pemula yang baru akan mengendarai mobil matik, ada baiknya mengenali fungsi dari masing-masing huruf dan angka tersebut. 

Baca juga: Mana Lebih Irit, Mobil Transmisi Matik atau Manual?

Begitu pula dengan desain kode transmisi pabrikan merk mobil satu dan lainnya, bisa jadi hal itu sebagai ciri tersendiri. 

tombol pengunci yang ada tuas transmisi matikKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda tombol pengunci yang ada tuas transmisi matik

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna mengatakan, ada beberapa angka maupun huruf pada tuas transmisi mobil otomatis. Desain pabrikan juga berbeda, tetapi secara fungsi dan pengoperasian sebenarnya sama saja. 

"Pada tuas transmisi mobil matik itu ada kombinasi huruf dan angka, biasanya seperti P-R-N-D-2-L, ada juga P-R-D-D3-2-L, dan hanya P-R-N-D-S. Pada dasarnya sama saja, yang penting mengerti fungsinya masing-masing," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Artinya, jika pada mobil manual tuas transmisi angka maupun huruf yang tertera menggambarkan tingkat percepatan, sementara kode transmisi mobil matik tidak mengacu pada gigi percepatan.

Kode angka dan huruf tersebut lebih untuk menjelaskan fungi-fungsinya yang berbeda, seperti ;

Baca juga: Bedanya Tuas Transmisi Matik Model Zig-zag dan Lurus

Tampilan dasbor Toyota Avanza terbaru.Dok. TAM Tampilan dasbor Toyota Avanza terbaru.

  • P atau Parking

Jika pengemudi memindahkan posisi gigi transmisi dari D (jalan) ke P, sistem transmisi mengunci agar mobil tidak bisa lagi bergerak.

Dengan demikian, mobil tak bisa lagi di dorong dan posisi tersebut juga merupakan awalan jika menghidupkan mesin atau ketika parkir.. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.