Kompas.com - 17/06/2022, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memeriksa level air aki memang menjadi tugas dan kewajiban pemilik kendaraan. Sebab, bisa berkurang seiring dengan pemakaian sehingga tidak tepat jika mengandalkan bengkel untuk melakukannya.

Memastikan level air aki agar tidak terlalu penuh dan sedikit tidak susah, hanya perlu memperhatikan tinggi permukaan air aki di dinding aki. Di sana ada garis batas minimum dan maksimum untuk air aki.

Perlu diperhatikan juga bahwa ruang air aki atau biasa disebut sel ada enam, jadi masing-masing sel memiliki batas sehingga jumlah volume air tidak sama satu dengan yang lainnya.

Paling penting dari keenam sel tersebut harus memiliki level air aki yang sesuai dengan yang sudah ditentukan.

Baca juga: Cara Ganti Aki Mobil Sendiri Tanpa ke Bengkel

Cek kondisi aki mobilCakra Motor 11 Cek kondisi aki mobil

Kepala Toko Shop & Drive Penggaron Suprawitno mengungkapkan ada bahaya yang cukup serius bila sampai air aki terisi terlalu penuh.

Air aki bisa luber dan mengenai komponen di sekitar, mengingat sifat dasar air aki akan bereaksi dengan besi dan menimbulkan korosi,” ucap Suprawitno kepada Kompas.com, Kamis (16/6/2022).

Perlu diingat kembali bahwa air aki akan merusak komponen yang terbuat dari besi, sehingga bisa dibayangkan ada komponen besi apa saja di sekitar sana.

Jika komponen tersebut termasuk vital, seperti transmisi, socket listrik atau sejenis ECU maka kerusakan yang ditimbulkan bisa sangat besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.