Cara Ganti Aki Mobil Sendiri Tanpa ke Bengkel

Kompas.com - 10/05/2022, 18:11 WIB
aki Yuasa di IIMS Hybrid 2022 (Janlika Putri/ Kompas.com) janlika putriaki Yuasa di IIMS Hybrid 2022 (Janlika Putri/ Kompas.com)


JAKARTA, KOMPAS.com — Aki mobil yang sudah soak atau tidak berfungsi haruslah diganti dengan yang baru. Tidak hanya ke bengkel, pemasangan aki juga bisa dilakukan secara mandiri di rumah.

Pemilik mobil hanya perlu membeli aki baru yang telah terjamin mutu dan kualitasnya, setelah itu ganti aki mobil yang telah rusak.

Kendati bisa dilakukan tanpa bantuan ahli, pemilik mobil tidak boleh asal saat melakukan penggantian aki. Apabila tidak tepat, aki tidak akan berfungsi dengan baik bahkan bisa mengakibatkan korsleting.

Baca juga: Usai Mudik Oli Mobil Berkurang Drastis, Wajar?

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menyarankan agar saat mencopot komponen penyimpan arus listrik ini, didahulukan melepas kabel yang ada di pole kutub negatif.

“Setelah kabel yang ada di kutub negatif terlepas barulah kabel di pole kutub positif baru dilepas,” ujar Didi kepada Kompas.com.

Booth aki Yuasa di IIMS Hybrid 2022 (Janlika Putri/ Kompas.com)Janlika putri Booth aki Yuasa di IIMS Hybrid 2022 (Janlika Putri/ Kompas.com)

Sementara itu, saat akan memasang aki, tahapan yang harus dilakukan berbalikan dengan saat melepas.

Pertama pasang dulu kabel di pole positif, baru dilanjutkan dengan memasang kabel di pole negatif.

Hal ini untuk menghindari terjadinya korsleting listrik saat melakukan pemasangan. Bila melakukan pemasangan kabel aki didahulukan di pole negatif, maka saat kabel positif tersentuh bodi bisa menyebabkan terjadinya korsleting.

Baca juga: Atas Diskresi Kepolisian, Jasa Marga Buka Contra Flow di Tol Cikampek

Didi juga mengatakan, pada saat dipasang aki baru dan dihidupkan mesin terasa getar, ini normal. Untuk menghilangkan getaran tersebut, mobil cukup dijalankan saja.

“Sebaiknya aki yang digunakan atau aki baru sesuai dengan yang diganti atau sesuai dengan bawaan pabrikan,” ujar Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.