[POPULER OTOMOTIF] Bedanya Tuas Transmisi Matik Model Zig-zag dan Lurus | Pengendara Motor yang Pakai Sandal Jepit Bakal Kena Tilang?

Kompas.com - 17/06/2022, 06:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil transmisi matik saat ini banyak di gandrungi masyarakat. Alasannya, karena kemudahan pengoperasian, utamanya bagi yang kerap melakukan mobilitas di perkotaan.

Beda satu mobil matik dan lainnya, selain pada jenis, yakni terletak pada alur perpindahan tuas transmisi, di mana ada yang model lurus dan zig-zag.

Model tuas gate sistem pengoperasian dengan cara zig zag, sedangkan pada jenis straight pabrikan mendesain model alur perpindahan girboks dengan bentuk lurus.

Selain itu, larangan penggunaan sandal jepit saat mengendarai sepeda motor ramai diperbincangkan. Banyak pengendara motor yang takut kena tilang karena tidak menggunakan sepatu.

Kepala Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam menyampaikan, penggunaan sandal jepit pada saat mengendarai motor tidak akan kena tilang karena hanya bersifat imbauan.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis, 16 Juni 2022 :


1. Bedanya Tuas Transmisi Matik Model Zig-zag dan Lurus

tombol pengunci yang ada tuas transmisi matikKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda tombol pengunci yang ada tuas transmisi matik

Meski kedua model tersebut berbeda, Menurut Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, secara fungsi tidak jauh berbeda.

Jadi jika pengendara memindahkan tuas transmisi dari P ke D atau pada posisi gigi lainnya, maka dilakukan mengikuti jalur sesuai jalur yang disediakan.

"Secara fungsi sama saja, hanya model tuasnya yang berbeda. Karena itu, cara pengoperasian model straight dan zig zag yang mesti di pahami," ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (16/6/2022).

Baca juga: Bedanya Tuas Transmisi Matik Model Zig-zag dan Lurus

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.