Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Bus Masih Membutuhkan Fitur Hiburan di Kabin?

Kompas.com - 17/06/2022, 08:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem hiburan berupa TV memang umum hadir pada kabin bus. Biasanya, ada satu TV di bagian depan dan tidak jarang ada TV kedua di bagian tengah.

TV di bus biasanya digunakan untuk menampilkan hiburan berupa lagu atau tayangan lainnya. Namun seiring berkembangnya zaman, di mana setiap penumpang bawa gadget masing-masing, TV semakin jarang diperhatikan.

Selain itu, bus juga kerap memasang Audio Video On Demand (AVOD) di setiap bangku penumpang. AVOD ini seperti sistem hiburan yang bisa menayangkan film, memutar lagu, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Kecelakaan Bus PO STJ Tabrak Truk, Ini Bahaya Mengemudi Dini Hari

Kabin bus AKAP baru PO Metro PermaiDOK. LAKSANABUS Kabin bus AKAP baru PO Metro Permai

Lalu apakah TV sebagai hiburan di kabin bus mulai ditinggalkan?

Gerry Adrian, Sales Executive New Armada, menjelaskan, mati atau menyalanya TV dalam kabin sebetulnya tergantung pada permintaan penumpang. Maka dari itu beberapa PO masih menyematkan fitur hiburan tersebut.

Bisa dikatakan, TV baru akan dinyalakan sesuai permintaan penumpang atau inisiatif dari masing-masing pengemudi bus.

Baca juga: Bedanya Tuas Transmisi Matik Model Zig-zag dan Lurus


Namun beda kasus jika bus tersebut merupakan transportasi pariwisata. TV masih dianggap berperan penting sebagai fitur hiburan dalam perjalanan.

“Kalau di pariwisata, rata-rata penumpang request untuk menyalakan TV dan karaoke. Jadi ada beberapa acara yang juga diadakan di dalam bus, misalnya seperti karaoke tadi, untuk menghibur di jalan agar tidak jenuh,” kata Gerry.

Selain untuk karaoke, kerap juga ditemukan rombongan dalam bus pariwisata mengajukan permintaan untuk memutar film atau tontonan sejenis lewat TV tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com