Kompas.com - 17/06/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem hiburan berupa TV memang umum hadir pada kabin bus. Biasanya, ada satu TV di bagian depan dan tidak jarang ada TV kedua di bagian tengah.

TV di bus biasanya digunakan untuk menampilkan hiburan berupa lagu atau tayangan lainnya. Namun seiring berkembangnya zaman, di mana setiap penumpang bawa gadget masing-masing, TV semakin jarang diperhatikan.

Selain itu, bus juga kerap memasang Audio Video On Demand (AVOD) di setiap bangku penumpang. AVOD ini seperti sistem hiburan yang bisa menayangkan film, memutar lagu, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Kecelakaan Bus PO STJ Tabrak Truk, Ini Bahaya Mengemudi Dini Hari

Kabin bus AKAP baru PO Metro PermaiDOK. LAKSANABUS Kabin bus AKAP baru PO Metro Permai

Lalu apakah TV sebagai hiburan di kabin bus mulai ditinggalkan?

Gerry Adrian, Sales Executive New Armada, menjelaskan, mati atau menyalanya TV dalam kabin sebetulnya tergantung pada permintaan penumpang. Maka dari itu beberapa PO masih menyematkan fitur hiburan tersebut.

Bisa dikatakan, TV baru akan dinyalakan sesuai permintaan penumpang atau inisiatif dari masing-masing pengemudi bus.

Baca juga: Bedanya Tuas Transmisi Matik Model Zig-zag dan Lurus


Namun beda kasus jika bus tersebut merupakan transportasi pariwisata. TV masih dianggap berperan penting sebagai fitur hiburan dalam perjalanan.

“Kalau di pariwisata, rata-rata penumpang request untuk menyalakan TV dan karaoke. Jadi ada beberapa acara yang juga diadakan di dalam bus, misalnya seperti karaoke tadi, untuk menghibur di jalan agar tidak jenuh,” kata Gerry.

Selain untuk karaoke, kerap juga ditemukan rombongan dalam bus pariwisata mengajukan permintaan untuk memutar film atau tontonan sejenis lewat TV tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.