[POPULER OTOMOTIF] Mengenal Posisi Kandang Macan untuk Sopir Bus AKAP | Polisi Imbau Pengendara Motor Tidak Pakai Sandal Jepit, Ini Alasannya

Kompas.com - 16/06/2022, 06:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus AKAP biasanya memiliki waktu tempuh yang cukup lama, sekitar delapan sampai 12 jam. Oleh karena itu, dibutuhkan dua pengemudi sehingga bisa bergantian saat kelelahan.

Berbeda dengan penumpang yang memiliki bangku masing-masing, pengemudi bus punya tempat istirahatnya sendiri.

Tempat istirahat pengemudi di dalam bus dikenal dengan sebutan kandang macan.

Sementara itu, berkendara menggunakan sepeda motor tidak hanya sekadar piawai mengoperasikan saja, tetapi dibutuhkan juga etika berkendara yang baik.

Namun, masih banyak pengendara motor yang memiliki kebiasaan menggunakan sandal jepit. Padahal, mengendarai roda dua sambil menggunakan sandal tidak baik untuk keselamatan berkendara.

Bahkan, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengimbau masyarakat tidak lagi mengenakan sandal jepit saat mengendarai motor.

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 15 Juni 2022.

1. Mengenal Posisi Kandang Macan untuk Sopir Bus AKAP

Tempat tidur sopir busJalur Bus Tempat tidur sopir bus

Perbedaannya, bentuk dari tempat istirahat pengemudi bukan lah bangku, melainkan kasur yang cukup besar ukurannya. Lalu di mana saja posisi tempat istirahat pengemudi di kabin bus?

Pada umumnya, posisi kandang macan ada di belakang bangku penumpang yang paling ujung, jadi di atas mesin bus. Namun ada juga posisi kandang macan yang ada di belakang kabin pengemudi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.