Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Kereta Cepat di Jembatan Curug, Ini Jenis Mobil yang Bisa Lewat

Kompas.com - 16/06/2022, 13:01 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan Antilope atau Jembatan Curug di Bekasi, Jawa Barat merupakan jalan penghubung alternatif pengguna jalan dari arah Kalimalang yang ingin ke Pondok Gede, atau sebaliknya.

Namun akibat terkena pemasangan girder proyek kereta cepat, saat ini jembatan tersebut tidak bisa dilintasi sembarang kendaraan.

Tinggi maksimal kendaraan yang bisa lewat adalah 1,7 meter dan pengguna sepeda motor. Polisi telah memastikan keamanan jembatan tersebut untuk dilintasi pengguna jalan.

Baca juga: Bule Eropa Kaget Lihat Modifikasi Vespa Ekstrem Indonesia

"Untuk sementara saja, jembatan ini hanya bisa dilewati kendaraan-kendaraan kecil. Tapi nanti satu bulan ke depan, setelah jembatan yang baru jadi, itu bisa dilewati lagi," ucap Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Dirlantas Polda Metro Jaya seperti dikutip Kompas.com, Selasa (14/6/2022).

Sementara itu, Humas Kementerian PUPR Wibisono menjelaskan konstruksi tersebut milik PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) berlokasi di sekitar Tol Japek Km 5-6. Ia juga mengimbau masyarakat untuk menghindari jalur tersebut.

"Jadi lalu lintas di bawah tetap berjalan dengan pembatasan ketinggian 1,7 meter, hanya untuk roda dua," ucap Wibisono.

Namun, tampak ada beberapa kendaraan roda empat yang masih bisa melewati area tersebut, dengan ketinggiannya tidak melampaui 1,7 meter.

Misalnya, mobil low MPV dengan ketinggian di bawah 1,7 meter atau 1.700 mm seperti Toyota Avanza Veloz, Daihatsu Xenia, Avanza Veloz, Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga.

Sementara itu, low SUV seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios yang punya tinggi 1.705 mm, masih bisa melintas tapi sangat mepet dengan atapnya.

Jembatan Curug di Bekasi, yang menghubungkan Kalimalang dan Pondok Gede.KOMPAS.com/ADITYO WISNU Jembatan Curug di Bekasi, yang menghubungkan Kalimalang dan Pondok Gede.

Baca juga: Fortuner Pelat RF Terobos Busway, Lolos meski Ada Polisi

Sedangkan city car dan hatchback seperti Honda Brio, Honda City Hatchback, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sirion, dan Datsun Go+ memiliki tinggi di bawah 1,7 meter dan aman melintasi Jembatan Curug.

Sebagai informasi, terhitung per tanggal 13 Juni 2022 hingga 10 Agustus 2022 mendatang, jembatan tersebut hanya bisa dilalui kendaraan kecil dan pejalan kaki.

Kendaraan dengan tinggi di bawah 1,7 meter masih bisa melintas, dan pihak kepolisian telah memastikan keamanan area untuk dilewati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com