Kompas.com - 15/06/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus AKAP biasanya memiliki waktu tempuh yang cukup lama, sekitar delapan sampai 12 jam. Oleh karena itu, dibutuhkan dua pengemudi sehingga bisa bergantian saat kelelahan.

Berbeda dengan penumpang yang memiliki bangku masing-masing, pengemudi bus punya tempat istirahatnya sendiri.

Tempat istirahat pengemudi di dalam bus dikenal dengan sebutan kandang macan.

Perbedaannya, bentuk dari tempat istirahat pengemudi bukan lah bangku, melainkan kasur yang cukup besar ukurannya. Lalu di mana saja posisi tempat istirahat pengemudi di kabin bus?

Baca juga: Mengenal Legenda Bus di Pantura, Bersaing Tawarkan Servis

Tempat tidur sopir busJalur Bus Tempat tidur sopir bus

Pada umumnya, posisi kandang macan ada di belakang bangku penumpang yang paling ujung, jadi di atas mesin bus. Namun ada juga posisi kandang macan yang ada di belakang kabin pengemudi.

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, pada beberapa kasus, misalnya bus tingkat milik PO Laju Prima, posisi kandang macannya ada di atas kotak ECU yang ada di dek bawah.

“Kandang macan ada di belakang pengemudi. Tempatnya memang di situ, sesuai dengan permintaan customer (PO),” ucap Werry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Seminggu Uji Coba, Ini Ruas Jalan dengan Pelanggaran Gage Tertinggi


Selain itu, pada bus baru Indorent yang rilis dari Karoseri Laksana, posisi kandang macannya ada di dek atas, di belakang bangku penumpang. Bentuk kandang macannya pun unik, seperti ditutup sekat dengan pintu rolling (rolling door).

Posisi unik kandang macan yang lainnya ada pada bus Avante D1 buatan Karoseri Tentrem. Berdasarkan pengamatan redaksi ketika mengamatinya di Bogor, posisi kandang macan tepat di belakang kabin pengemudi dan di bawah dek penumpang.

Selain itu, kandang macan ini punya pintu akses menuju tangga ke dek atas. Bentuk kandang macan seperti ini yang menambah privasi pengemudi sehingga semakin nyaman untuk beristirahat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.