Jokowi Kendarai Motor Listrik Gesits di Wakatobi Sulawesi Tenggara

Kompas.com - 10/06/2022, 07:12 WIB
|

WAKATOBI, KOMPAS.com – Setelah berkendara dengan mobil listrik Genesis G80 di Batang, Jawa Tengah (8/6/2022), yang ditunjuk sebagai kendaraan VIP bagi delegasi KTT G20 November nanti. Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menjajal kendaraan listrik lainnya.

Kali ini Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyempatkan diri berboncengan mengendarai sepeda motor listrik Gesits menuju Kampung Mola dalam rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis (9/6/2022).

Dalam keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, disebutkan bahwa Presiden dan Ibu Negara awalnya menumpangi mobil jip terbuka, saat menuju Kampung Mola di Pulau Wangiwangi atau sekitar 28 kilometer dari Bandara Matahora, untuk penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat.

Baca juga: Sanksi untuk Mobil yang Pakai Aksesori Bumper Tanduk hingga Lampu Menyilaukan

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi)

Namun mendekati lokasi acara, keduanya turun dari mobil jip dan berganti mengendarai sepeda motor listrik berwarna putih untuk menyusuri jalanan berjarak sekitar 1,5 kilometer.

Motor listrik itu juga menyusuri permukaan jalan yang terbuat dari kayu, mengingat Kampung Mola berada di atas permukaan laut.

Setibanya di lokasi acara, Presiden Jokowi beserta Ibu Negara menyerahkan sertifikat kepada sejumlah perwakilan dan menyempatkan diri berdialog dengan masyarakat.

Baca juga: Begini Cara Cek Tilang Elektronik di Jalan Tol secara Online

"Simpan semuanya, jangan sampai sertifikatnya malah hilang," ucap Jokowi, dalam keterangan resmi (9/6/2022).

Untuk diketahui, Gesits dilengkapi motor listrik dengan tenaga puncak 5 kW atau setara 6,7 tk. Motor ini memiliki 3 mode berkendara, dan kecepatan maksimal Gesits dibatasi sampai dengan 70 kpj.

Gesits memberikan menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas 1.44 KWh untuk satu unit baterainya. Sementara itu, merek ini juga memberikan garansi buat baterai motor listrik selama 3 tahun.

Baca juga: Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Tahap Kedua

Motor listrik GesitsKompas.com/ArdiansyahFadli Motor listrik Gesits

Motor listrik ini dapat menggunakan 2 baterai, sehingga dapat berjalan hingga sekitar 100 kilometer tiap melakukan pengisian daya hingga penuh.

Adapun waktu pengisian daya antara 3 hingga 4 jam, dengan 30 menit pertama dapat menempuh jarak 10 Km.

Selain itu, Gesits juga memiliki fitur double disc brake, transmisi pulley, suspensi belakang monoshock, LED Daytime Running Lights, HID Projector Head Lamps.

Tak ketinggalan, Gesits juga dilengkapi dengan dasbor digital yang dapat terkoneksi dengan aplikasi ponsel pengendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.