Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Jajal Mobil Listrik Genesis G80 di Batang Jawa Tengah

Kompas.com - 08/06/2022, 15:03 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BATANG, KOMPAS.comMobil listrik dari merek mewah Genesis bakal menjadi mobil VIP para petinggi negara yang mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali pada kuartal keempat 2022.

Merek Genesis sendiri memang belum sering terdengar di Indonesia. Ibarat Lexus yang menjadi merek premium dari Toyota, Genesis adalah merek otomotif mewah dari Hyundai Motor Group.

Sebelum dipakai sebagai kendaraan resmi para pemimpin berbagai negara pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, November mendatang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menjajal mobil listrik ini terlebih dahulu.

Baca juga: Sudah Tahu soal Air yang Ada di Toilet Bus Berasal dari Mana?

Genesis Electrified G80MJ Genesis Electrified G80

Tepatnya, Presiden mencoba mobil listrik tersebut bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Selepas mendarat di Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani di Kota Semarang, Presiden Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Batang.

Setelah keluar Gerbang Tol Gringsing, Batang, Presiden dan Ibu Iriana kemudian berganti kendaraan dengan mobil bertenaga listrik lalu meninjau proyek KCC Glass di KITB.

Baca juga: Aksi Adang Truk Makin Marak, Berujung Kematian Anak atau Remaja

“Saya kira halus, enggak ada suaranya," ujar Joko Widodo, dilansir dari Antara (8/6/2022).

Selain Presiden dan Ibu Iriana, tampak juga menaiki mobil listrik Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Direktur Utama PT PP (Persero) Novel Arsyad yang ketiganya berada dalam satu mobil.

Di mobil listrik lainnya, tampak Menteri BUMN Erick Thohir duduk bersama dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Adapun Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menumpangi mobil listrik lainnya bersama dengan istri.

Baca juga: Video Viral, Bus Ditahan di SPBU karena Ada yang Buang Air

Genesis G80 ditunjuk Jokowi menjadi mobil delegasi VIP pada KTT G20 2022 di Bali.Hyundai Motor Indonesia Genesis G80 ditunjuk Jokowi menjadi mobil delegasi VIP pada KTT G20 2022 di Bali.

Terkait mobil listrik yang direncanakan sebagai kendaraan resmi para pemimpin negara G20 di KTT G20, Presiden Jokowi pernah mengungkapkannya saat bertemu Ketua Majelis Nasional Republik Korea, Park Byeong Seug, di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Minggu, 20 Maret 2022 lalu.

"Minggu ini saya menghadiri peluncuran mobil listrik Hyundai IONIQ 5 menandai dimulainya produksi mobil listrik di Indonesia. Sementara mobil listrik Hyundai lainnya Genesis G80 akan menjadi mobil resmi KTT G20 sebagai showcase kerja sama RI-Korsel," kata Jokowi saat itu.

Sebagai informasi, mobil listrik tersebut dibekali baterai litium-ion berkapasitas 87,2 kWh dengan daya 272 kW atau setara 200 tk dan torsi 700 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke semua roda dengan sistem penggerak e-AWD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com