Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Segera Diganti MLFF, Begini Perjalanan Bayar Tol di Indonesia | Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Tahap Kedua

Kompas.com - 10/06/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah berencana menggunakan teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF) guna mengganti sistem pembayaran sistem uang elektronik (e-money), kartu tol atau e-toll.

Melansir dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) proyek pengembangan sistem pembayaran MLFF sudah mulai dilakukan sejak awal tahun 2021.

 

Ini bukan pertama kalinya Indonesia mengubah sistem pembayaran di tol. Sebelum era penggunaan e-toll, pengendara yang melintasi jalan tol masih menggunakan uang tunai.

Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan pembangunan tahap kedua baterai listrik di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah, dengan total investasi sebesar 9,8 miliar dolar AS atau setara Rp 142 miliar.

Jokowi mengatakan, industri baterai listrik ini merupakan investasi pertama di dunia yang mengintegrasikan produksi kendaraan listrik dari hulu sampai ke hilir.

Dalam sambutannya yang disiarkan oleh kanal YoutTube Sekretariat Presiden, ia merasa senang bisa menjalankan tahapan kedua pembangunan industri baterai listrik.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis, 9 Juni 2022 :


1. Segera Diganti MLFF, Begini Perjalanan Bayar Tol di Indonesia

Gerbang Tol Pekanbaru yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans SumateraPT Hutama Karya Gerbang Tol Pekanbaru yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera

Pengendara akan berhenti di setiap gerbang tol untuk membayar uang tunai kepada petugas penjaga gerbang tol.

Agar lebih efisiensi dan meminimalisir penumpukan pengendara di gerbang tol, transaksi tunai diganti menjadi pembayaran menggunakan e-toll.

Dengan kata lain, gerbang tol di Indonesia tidak menerima pembayaran secara tunai atau cash saat kebijakan tersebut dibuat.

Baca juga: Segera Diganti MLFF, Begini Perjalanan Bayar Tol di Indonesia

2. Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Tahap Kedua

Ilustrasi pabrik baterai mobil listrik LG Energy Solutionkoreaittimes.com Ilustrasi pabrik baterai mobil listrik LG Energy Solution

"Dimulai dari penambangan nikel, smelter, pabrik prekusor, pabrik katoda, kemudian baterai listrik, battery pack, hingga mobil listrik," kata Jokowi (8/6/2022).

“Masih ditambah lagi dengan industri daur ulang baterai. Dari hulu sampai ke hilir, end to end, semuanya dikerjakan dalam investasi ini,” ujar dia.

Menurutnya, industri baterai listrik bisa dibangun lantaran investasi dari LG. Perusahaan Korea Selatan itu kabarnya menanamkan investasi sekitar Rp 142 triliun.

Baca juga: Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Tahap Kedua

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com