Pencurian Spion Mobil, Kerugiannya Bisa sampai Jutaan Rupiah

Kompas.com - 08/06/2022, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pencurian spion masih terjadi di kalangan pemilik kendaraan. Sering kali, spion yang dirusak atau dicuri merupakan spion mobil yang diparkir di pinggir jalan.

Terjadi baru-baru ini di area Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (3/6/2022). Pelaku pencuri spion yang beraksi di area tersebut mengaku sudah melakukannya setidaknya sebanyak empat kali di area Kebon Jeruk. Spion yang dicuri kemudian dijual kembali dengan harga Rp 600.000-an.

 Baca juga: Video Viral, Bus Ditahan di SPBU karena Ada yang Buang Air

Kerugian yang disebabkan juga cukup besar. Untuk membeli spion baru, harganya beragam tergantung dari merek atau model mobil dari spion tersebut.

Misal, untuk spion mobil Toyota Alphard harganya terbilang lebih mahal ketimbang spion mobil model di bawah Alphard.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna menjelaskan, harga spion Alphard mulai dari kisaran Rp 2 jutaan.

Sedangkan untuk model di bawahnya, misalnya Toyota Fortuner, harganya mulai dari Rp 1,9 jutaan.

"Untuk kisaran harga spion Alphard tergantung tahunnya. Satu sisi spion dimulai dari Rp 2 juta hingga Rp 9 juta untuk keluaraan yang terbaru," ucap Suparna.


Harganya lebih mahal karena spion untuk Alphard dikatakan lebih spesifik, sehingga pemasangannya tidak bisa sembarangan.

Membeli spion bekas atau seken bisa jadi alternatif untuk pertolongan pertama saat mengalami pencurian atau perusakkan spion.

Berdasarkan pantauan di sejumlah bursa spare part daring, harga spion dibanderol di kisaran harga Rp 500.000 sampai dengan Rp 1 jutaan.

Baca juga: Ini Alasan kenapa Tidak Boleh Buang Air Besar di Toilet Bus

Untuk mobil-mobil Toyota, harga spion bekasnya ada di kisaran Rp 600.000 sampai Rp 1 jutaan. Kemudian untuk mobil Mitsubishi dibanderol di angka Rp 1,2 jutaan untuk Pajero, dan Rp 850.000 untuk Xpander.

Sementara itu, untuk mobil Honda, harga spion ada di angka Rp 650.000 untuk Brio Satya dan Rp 1 jutaan untuk BR-V.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.