Video Viral, Bus Ditahan di SPBU karena Ada yang Buang Air

Kompas.com - 07/06/2022, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu fasilitas yang bisa digunakan saat penumpang naik bus adalah toilet. Namun toilet ini hanya boleh digunakan saat bus berjalan dan untuk buang air kecil saja.

Jadi ketika bus berhenti, jangan coba-coba untuk buang air kecil apalagi air besar di toilet yang ada di kabin. Mengingat lubang pembuangan dari bus ini langsung ke tanah.

Jangan sampai kejadian seperti pada video Tiktok yang diunggah oleh akun @ezzamaulana.1, di mana bus yang dia naiki tidak boleh jalan setelah mengisi solar di SPBU.

Alasannya, ada kotoran yang keluar dari toilet dan langsung jatuh ke aspal di SPBU.

Baca juga: Perlukah Bus Pakai Tiga Wiper di Kaca Depan?

Pada video tersebut, terlihat satpam SPBU masuk ke kabin bus dan menanyakan siapa yang buang air.

Ilustrasi buang air besar di toilet.jcomp/ Freepik Ilustrasi buang air besar di toilet.

 

Dia juga mengatakan kalau bus tidak akan jalan sampai ada yang mengaku siapa yang buang air tersebut.

"Baru tahu aku ternyata toilet bis langsung jatuh ke bawah," tulisnya pada video tersebut dikutip Kompas.com, Selasa (7/6/2022).

Memang beberapa bus ada yang dilengkapi dengan septic tank, namun itu adalah opsional dari karoseri. Jadi kebanyakan bus yang beredar dan dilengkapi dengan toilet, biasanya tidak memakai penampung.

Baca juga: Balapan yang Cocok Digelar di Sirkuit Formula E Jakarta, Ini Kata Fitra Eri dan Dimas Ekky


Sales Staff karoseri Tentrem Dimas Raditya mengatakan, toilet yang terpasang pada bus di Indonesia biasanya belum memiliki tangki pembuangan, jadi apa yang dibuang langsung turun ke jalanan.

“Sebenarnya bisa disertai dengan septic tank, tapi harus pesanan khusus. Selain itu, jarang juga yang memesan untuk memakai septic tank,” kata Dimas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Toilet busKompas.com/Fathan Radityasani Toilet bus

Jadi, jika dipakai untuk buang air besar, tentu tidak higenis dan membuat jalanan kotor. Selain itu, bisa mengganggu pengguna jalan lainnya ketika melihat kotoran di jalan raya.

Untuk para penumpang juga jangan sungkan meminta bus untuk berhenti di rest area agar bisa buang air besar di toilet.

Mengingat jika dalam keadaan berhenti, kotoran maupun urine akan berkumpul di satu tempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.