Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Fitur Honda HR-V dan Kia Sonet, Siapa yang Lebih Unggul?

Kompas.com - 08/06/2022, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas soal perfoma, interior dan eksterior antara Honda HR-V dan Kia Sonet, kini saatnya tim redaksi membahas soal fitur yang ada pada kedua mobil ini. Kira-kira kali ini siapa yang lebih canggih?

Kita awali dengan yang dimiliki Honda HR-V. SUV dari Honda ini mengusung teknologi modern pada sektor hiburannya.

Dibekali dengan layar 7 inci, head unit ini dapat terkoneksi radio, bluetooth, hands-free telephone, voice command switch, USB player, serta koneksi smartphone dengan tambahan kabel untuk mirroring.

Baca juga: Uji Performa dan Konsumsi BBM Honda HR-V Vs Kia Sonet

Untuk mengakses fitur yang ada pada head unit juga bisa dioperasikan melalui pengaturan di lingkar kemudinya.

Kemudian ada beberapa fitur lain yang diberikan di Honda HR-V, seperti remote engine start, walk-away auto lock, smart entry system, electrostatic touch LED map, air diffusion outlet dengan 3 mode pengaturan udara dan panoramic glass roof.

All New Honda HR-V SEKOMPAS.com/Adityo Wisnu All New Honda HR-V SE

Dari sisi keselamatan, Honda HR-V juga sudah dibekali dengan Honda Sensing, yang memang menjadi sebuah perangkat standar pada semua tipe All New HR-V.

Fitur Honda Sensing tersebut meliputi, Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low Speed Follow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Selain Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menyajikan 3 tampilan saat parkir, yakni Normal View, Wide View, dan Top View, untuk tipe SE juga sudah memiliki fitur Lane Watch.

Fungsinya membantu pengendara mengatasi keterbatasan jarak pandang alias blindspot pada sisi kiri, yang tak bisa tertangkap kaca spion.

Sementara Kia Sonet, dibekali dengan fitur hiburan head unit berukuran 8 inci yang terintegrasi dengan Apple Carplay serta Android Auto. Perangkat tersebut didukung dengan audio keluaran Bose yang membuat suara di dalam kabin tak perlu dipertanyakan, apalagi ditemani dengan LED Sound Mood Light.

Test Drive Kia Sonet Premiere iVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test Drive Kia Sonet Premiere iVT

Soal kenyamanan, Kia Sonet dibekali dengan jok yang memiliki fitur ventilated seat yang bisa menghembuskan kesejukan AC sehingga pengendara tak mudah gerah saat sedang perjalanan jauh. Sayang, fitur ini hanya untuk penumpang baris pertama saja.

Tak berbeda dengan Honda HR-V, Kia Sonet juga sudah menyematkan fitur smart key with remote starter. Pengendara bisa mengaktifkan mesin mobil dari luar tanpa perlu masuk dan menekan tombol start/stop di dalam kabin.

Pada varian tertinggi juga sudah disematkan wireless charging guna memudahkan pengendara melakukan pengisian daya ponsel tanpa kabel.

Baca juga: Tarif Integrasi Angkutan Umum Rp 10.000 Ditarget Berlaku Akhir Juni 2022

Sementara, untuk fitur keselamatan, SUV asal Korea Selatan ini cukup dibekali dengan fitur yang mumpuni, seperti hadirnya 6 buah airbag, vehicle stability management (VSM), dan brake assist system (BAS). Fitur seperti ABS, hill-start assist control, electronic stability control (ESC), serta parkir distance warning (PDW) juga sudah tersemat.

Secara keseluruhan, fitur yang disematkan pada kedua mobil ini sudah cukup mumpuni. Hanya saja, Honda HR-V lebih lengkap menyoal fitur keselamatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com