Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Berencana Luncurkan Mobil Listrik Lagi di Indonesia

Kompas.com - 07/06/2022, 16:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan sudah meluncurkan dua kendaraan elektrifikasinya di Indonesia, yakni Leaf dan Kicks e-power. Belum lama ini, Nissan punya rencana untuk menambah jajaran mobil listriknya.

Salah satu yang menarik perhatian adalah kemunculan Nissan Sakura belum lama ini. Mobil listrik tersebut sudah resmi diluncurkan di Jepang.

Baca juga: Pendapat Pebalap Nissan e.dams Soal Sirkuit Formula E Jakarta

Tan Kim Piauw, Direktur Sales dan Marketing PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI), mengatakan, pihaknya berharap bisa meluncurkan juga Nissan Sakura di Indonesia.

Mobil listrik Nissan SakuraDok. Nissan Mobil listrik Nissan Sakura

"Nissan Indonesia juga mendukung pemerintah menuju elektrifikasi. Ke depannya, kita akan membawa lebih banyak mobil listrik, dengan teknologi e-power maupun teknologi baterai seperti Leaf," ujar Kim, saat ditemui wartawan di Jakarta, belum lama ini.

Kim menambahkan, salah satunya yang sangat memungkinkan adalah Nissan Sakura. Tapi, tentunya perlu waktu, karena di Jepang juga baru diluncurkan.

Baca juga: Nissan Indonesia Turut Dukung Tim Balap Nissan e.dams di Formula E

"Kita masih bicarakan dengan mereka. Saya pikir, kei car sangat cocok di indonesia. Apalagi, dengan kondisi jalan yang sangat macet," kata Kim.

Mobil listrik Nissan SakuraDok. Nissan Mobil listrik Nissan Sakura

Nissan Sakura diklaim sebagai kei car pertama Nissan yang merupakan mobil listrik. Untuk pasar Jepang, mobil tersebut dibanderol cukup murah, yakni antara 2,3 juta yen hingga 2,9 juta yen atau sekitar Rp 258 jutaan hingga Rp 325 jutaan.

Selain itu, Jepang juga memberikan subsidi untuk kendaraan ramah lingkungan. Sehingga, harganya menjadi semakin terjangkau.

Mobil listrik Nissan SakuraDok. Nissan Mobil listrik Nissan Sakura

Mengenai spesifikasinya, mobil ini dilengkapi baterai lithium ion 20 kWh yang ditempatkan di bawah lantai kendaraan. Untuk sekali pengecasan, mobil ini dapat menempuh jarak hingga 180 km.

Sedangkan motor listriknya, disebut memiliki tenaga 63 tk dan torsi 195 Nm yang disalurkan ke roda depan. Nissan Sakura diklaim memiliki kecepatan tertinggi mencapai 130 kilometer per jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com