Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insiden MotoGP Catalunya, Nakagami Lolos dari Hukuman FIM

Kompas.com - 07/06/2022, 14:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alex Rins mengecam keputusan FIM MotoGP Stewards yang tidak menghukum pebalap LCR Honda Takaaki Nakagami usai memicu insiden di GP Catalunya, Spanyol.

FIM MotoGP Stewards mengatakan tidak memberikan penalti karena menganggap bahwa insiden itu kecelakaan biasa, dan bukan karena gaya membalap yang mengancam nyawa.

Baca juga: Sering Diremehkan, Ini Bahaya Krikil yang Bersarang di Alur Ban

"Para FIM MotoGP Stewards meninjau insiden Tikungan 1 antara pebalap Takaaki Nakagami, Alex Rins dan Francesco Bagnaia dari setiap sudut," tulis FIM MotoGP Steward dikutip dari Crash.net, Selasa (7/6/2022).

Presiden Joko Widodo saat berfoto bersama pebalap asal Jepang untuk tim Idemitsu Honda, Takaaki Nakagami di Istana Negara, Rabu (16/3/2022).dok. Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo saat berfoto bersama pebalap asal Jepang untuk tim Idemitsu Honda, Takaaki Nakagami di Istana Negara, Rabu (16/3/2022).

"Berdasarkan bukti yang diberikan oleh banyak sudut yang tersedia untuk Stewards, termasuk cuplikan dari helikopter, itu dinilai sebagai insiden balap tanpa tindakan lebih lanjut yang harus diambil," tulis pemberitahuan.

FIM Stewards menjelaskan bahwa klaim Nakagami mengerem dengan ceroboh sehingga akhirnya menabrak ban belakang Francesco Bagnaia tidak terbukti.

Baca juga: Bahaya, Jangan Sembarangan Berhenti di Bahu Jalan Tol

Nakagami memang jatuh dan menabrak ban belakang Francesco Bagnaia, kemudian menabrak Alex Rins hingga terpental dan membuat pergelangan tangannya cedera.

Pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins setelah mengalami insiden pada FP4 MotoGP Mandalika, Sabtu (19/3/2022) sore WITA.KOMPAS.com/BENEDIKTUS AGYA PRADIPTA Pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins setelah mengalami insiden pada FP4 MotoGP Mandalika, Sabtu (19/3/2022) sore WITA.

Namun video memperlihatkan bahwa pebalap asal Jepang itu sudah mengerem dan tidak berniat menabrak pebalap di depannya.

Nakagami mengerem tepat waktu tapi tidak ada ruang yang signifikan. Ban depan kemudian kehilangan grip, jatuh dan terjadi insiden dengan pebalap lain.

Baca juga: Seberapa Nyaman Gunakan Ban M/T untuk Mobil Harian?

"Nakagami memperoleh sejumlah posisi dalam akselerasi untuk bergerak maju dari posisi gridnya. Dia dinilai telah mengerem pada waktu yang sama dengan pengendara di sekitarnya, tidak mendapatkan jarak yang signifikan pada rem untuk menunjukkan sebaliknya," tulis FIM MotoGP Steward.

Ducati Lenovo Team Italian rider Francesco Bagnaia rides during a second free practice session ahead the Italian Moto GP Grand Prix at the Mugello race track, Tuscany, on May 27, 2022. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)FILIPPO MONTEFORTE Ducati Lenovo Team Italian rider Francesco Bagnaia rides during a second free practice session ahead the Italian Moto GP Grand Prix at the Mugello race track, Tuscany, on May 27, 2022. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)

"Pengendara #30 kemudian kehilangan bagian depan dan jatuh, dengan sepeda motor dan pengendara setelah itu melakukan kontak dengan Rins dan Bagnaia," urai pemberitahuan.

Baca juga: GP Catalunya, Rins Kritik Nakagami, Race Director, dan Stewards

FIM MotoGP Stewards mengatakan, Nakagami baru dapat dikenakan penalti apabila dia masuk tikungan terlalu kencang dan tanpa ada upaya untuk belok menabrak pebalap lain.

"Ambang batas yang ditetapkan untuk insiden semacam itu untuk dikenakan penalti adalah agar pengendara terlihat jelas membawa terlalu banyak kecepatan, tanpa harapan yang masuk akal untuk melakukan tikungan," kata pemberitahuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com