Apa Itu Cip Semikonduktor dan Bagaimana Fungsinya di Sepeda Motor?

Kompas.com - 02/06/2022, 18:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kelangkaan pasokan cip semikonduktor tidak hanya memengaruhi produksi kendaraan roda empat, tapi juga roda dua. Honda jadi salah satu merek yang merasakan dampak akibat kelangkaan komponen tersebut.

Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, proses produksi sepeda motor Honda tidak bisa optimal di tengah kelangkaan cip semikonduktor

Imbasnya, tipe sepeda motor yang sedang populer di masyarakat memerlukan waktu inden lebih lama dari biasanya.

Baca juga: Kata Pertamina Soal Kriteria Mobil Mewah yang Tak Boleh Beli Pertalite

Honda Vario 160KOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda Vario 160

“Yang terdampak cip semikondukor terjadi di tipe matik, itu kurang lebih ada beberapa tipe mungkin plus minus konsumen perlu menunggu sampai kurang lebih 1 bulan,” ujar Thomas, dalam konferensi virtual belum lama ini.

“Saya tidak ke model atau variannya, tapi saya jelaskan jika segmen entry level sampai mid level yang terdampak,” kata dia.

Seperti diketahui, cip semikonduktor sangat penting bagi sejumlah industri, termasuk sepeda motor. Tanpa komponen kecil tersebut, sepeda motor tidak bisa diproduksi dengan sempurna.

Baca juga: Berlaku 6 Juni, Ini Kenapa Ganjil Genap Jakarta Kembali Diperluas

Dilansir dari keterangan resmi AHM (2/6/2022), cip semikonduktor merupakan bahan utama untuk membuat Integrated Circuit (IC) dan terbuat dari gallium arsenide, germanium, silicon dan lainnya.

IC sendiri adalah Komponen Elektronika Aktif yang terdiri dari gabungan ratusan, ribuan bahkan jutaan komponen elektronik (Seperti: Transistor, Dioda, Resistor dan Kapasitor) yang diintegrasikan menjadi suatu rangkaian elektronika dalam sebuah kemasan kecil.

Cip semikonduktor bersifat sebagai isolator listrik, atau dalam kata lain tidak dapat dilalui arus listrik.

Baca juga: Daihatsu Sirion Terbaru Meluncur, Langsung Tantang Honda Brio

Karyawan AHM melakukan proses perakitan sepeda motor New Honda Sonic 150R di pabrik AHM di kawasan Pegangsaan, Jakarta Timur.AHM Karyawan AHM melakukan proses perakitan sepeda motor New Honda Sonic 150R di pabrik AHM di kawasan Pegangsaan, Jakarta Timur.

 

Namun, pada temperatur, arus listrik, atau dalam keadaan tertentu, semikonduktor dapat juga berfungsi sebagai konduktor (dapat dilalui arus listrik). Misal sebagai penguat arus, penguat tegangan dan penguat daya.

Pada sepeda motor Honda, IC digunakan dalam sebuah rangkaian elektronika yang rumit dan kompleks seperti pembuatan komponen speedometer, ECM, rangkaian lampu LED, regulator, dan beberapa komponen sepeda motor lainnya.

Komponen IC dibuat dengan menggunakan Proses fotolitografi yang dapat membuat dan mencetak suatu gambar/pola hingga ukuran nanometer (nm). Sehingga dapat diproduksi sebuah IC dengan ukuran kecil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.