Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Cip Semikonduktor dan Bagaimana Fungsinya di Sepeda Motor?

JAKARTA, KOMPAS.com – Kelangkaan pasokan cip semikonduktor tidak hanya memengaruhi produksi kendaraan roda empat, tapi juga roda dua. Honda jadi salah satu merek yang merasakan dampak akibat kelangkaan komponen tersebut.

Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, proses produksi sepeda motor Honda tidak bisa optimal di tengah kelangkaan cip semikonduktor

Imbasnya, tipe sepeda motor yang sedang populer di masyarakat memerlukan waktu inden lebih lama dari biasanya.

“Yang terdampak cip semikondukor terjadi di tipe matik, itu kurang lebih ada beberapa tipe mungkin plus minus konsumen perlu menunggu sampai kurang lebih 1 bulan,” ujar Thomas, dalam konferensi virtual belum lama ini.

“Saya tidak ke model atau variannya, tapi saya jelaskan jika segmen entry level sampai mid level yang terdampak,” kata dia.

Seperti diketahui, cip semikonduktor sangat penting bagi sejumlah industri, termasuk sepeda motor. Tanpa komponen kecil tersebut, sepeda motor tidak bisa diproduksi dengan sempurna.

Dilansir dari keterangan resmi AHM (2/6/2022), cip semikonduktor merupakan bahan utama untuk membuat Integrated Circuit (IC) dan terbuat dari gallium arsenide, germanium, silicon dan lainnya.

IC sendiri adalah Komponen Elektronika Aktif yang terdiri dari gabungan ratusan, ribuan bahkan jutaan komponen elektronik (Seperti: Transistor, Dioda, Resistor dan Kapasitor) yang diintegrasikan menjadi suatu rangkaian elektronika dalam sebuah kemasan kecil.

Cip semikonduktor bersifat sebagai isolator listrik, atau dalam kata lain tidak dapat dilalui arus listrik.

Namun, pada temperatur, arus listrik, atau dalam keadaan tertentu, semikonduktor dapat juga berfungsi sebagai konduktor (dapat dilalui arus listrik). Misal sebagai penguat arus, penguat tegangan dan penguat daya.

Pada sepeda motor Honda, IC digunakan dalam sebuah rangkaian elektronika yang rumit dan kompleks seperti pembuatan komponen speedometer, ECM, rangkaian lampu LED, regulator, dan beberapa komponen sepeda motor lainnya.

Komponen IC dibuat dengan menggunakan Proses fotolitografi yang dapat membuat dan mencetak suatu gambar/pola hingga ukuran nanometer (nm). Sehingga dapat diproduksi sebuah IC dengan ukuran kecil.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/02/183100115/apa-itu-cip-semikonduktor-dan-bagaimana-fungsinya-di-sepeda-motor-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke