Homologasi Belum Selesai, MotoGP Finlandia Ditunda Hingga Musim Depan

Kompas.com - 26/05/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Awalnya, MotoGP 2022 bakal jadi musim terpanjang dengan jumlah seri terbanyak, yakni 21 seri. Namun, belum lama ini diputuskan bahwa MotoGP Finlandia akan diundur hingga tahun depan.

Balapan yang akan digelar di Sirkuit KymiRing, Finlandia, terpaksa diundur karena beberapa masalah. Salah satunya adalah soal homologasi.

Baca juga: Finlandia Batal Gelar MotoGP 2021, GP Austria Jadi Dobel

"Pekerjaan homologasi di KymiRing, bersama dengan risiko yang disebabkan oleh situasi geopolitik yang sedang berlangsung di wilayah tersebut, dengan sedih mewajibkan pembatalan Grand Prix Finlandia di 2022," ujar pernyataan dari MotoGP, Rabu (25/5/2022).

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Disebutkan bahwa keadaan saat ini telah menciptakan penundaan dan menempatkan pekerjaan yang sedang berlangsung di sirkuit baru dalam risiko.

"Maka itu, semua pihak telah sepakat bahwa debut trek harus ditunda hingga 2023, di saat MotoGP berharap untuk kembali ke Finlandia untuk pertama kalinya dalam empat dekade," tulis pernyataan tersebut.

Baca juga: Suzuki Gunakan Teknologi Militer untuk Komunikasi Tim di MotoGP

Keputusan pembatalan MotoGP Finlandia sepakat diambil oleh FIM, IRTA, dan tentunya Dorna Sports selaku promotor MotoGP. Dengan begitu, jumlah seri musim ini menjadi 20 seri.

Fabio Di Giannatonio saat balapan pada MotoGP Mandalika 2022Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannatonio saat balapan pada MotoGP Mandalika 2022

Jumlah tersebut masih yang terbanyak dibandingkan musim 2018 dan 2019 dengan jumlah 19 seri per musimnya. Terlepas dari masalah homologasi, tata letak sirkuit juga jadi perhatian para pebalap.

"Kami berbicara sedikit soal Finlandia. Secara teori, kami akan pergi, trek sudah selesai," ujar Rins, dikutip dari Crash.net, Kamis (26/5/2022).

Rins menambahkan, beberapa pebalap khawatir karena trek tersebut terlalu kecil untuk motor MotoGP. Sebagian pebalap juga mengatakan, persneling yang digunakan hanya sampai gigi tiga untuk motor MotoGP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.