Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Wawancara Eksklusif Kompas.com

Rahasia Ducati Jadi Kencang di MotoGP, Pakai Teknologi Lenovo

Kompas.com - 23/05/2022, 13:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak musim 2018, Ducati berkolaborasi dengan Lenovo untuk kemajuan tim balapnya di MotoGP. Kolaborasi antara keduanya juga meliputi dari segi teknis.

Ducati dan Lenovo sudah sukses menerapkan proyek Remote Garage. Timnya yang ada di pabrik tetap bisa bekerja dengan baik, meskipun sempat dilakukan pembatasan di sirkuit karena pandemi.

Remote Garage sendiri merupakan proyek yang memperkenankan para teknisi untuk menerima data secara real time meskipun sedang bekerja secara remote atau berpindah-pindah.

Baca juga: Ducati Yakin Pebalap Berpikir Dua Kali Sebelum Pindah ke Tim Lain

Ducati dan Lenovo juga terus mengembangkan teknologi untuk diterapkan di tim balapnya, baik menggunakan laptop yang memadai hingga kemungkinan untuk memasuki dunia metaverse.

Tim Ducati di MotoGP andalkan Lenovo sebagai partner di bidang teknologiTino_Martino Tim Ducati di MotoGP andalkan Lenovo sebagai partner di bidang teknologi

Berikut ini wawancara Kompas.com dengan Ducati yang diwakili oleh Gabriele Conti, Electronic Systems Director Ducati Corse, dan Lara Rodini, Global Sponsorships & Activation Director, Lenovo:

Akankah Remote Garage hadir dalam bentuk Metaverse?

Rodini: Proyek Remote Garage, yang dimulai pada tahun 2020 untuk membantu Ducati menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi, terus berkembang selama bertahun-tahun, memungkinkan cara baru bagi para teknisi untuk terhubung dengan garage dan bekerja sama bahkan dari jarak jauh, memenuhi kebutuhan lingkungan kerja hybrid baru.

Dengan tujuan untuk meningkatkan operasi dan mendorong tingkat inovasi yang lebih besar di MotoGP, Ducati dan Lenovo telah bekerja sama untuk menganalisis peluang yang ditawarkan oleh teknologi generasi berikutnya seperti augmented reality.

Metaverse adalah area menarik yang mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi. Hal itu tentu saja adalah sesuatu yang terus kami cari bersama dengan mitra kerja kami ketika saatnya tiba.

Apakah ada kemungkinan Lenovo akan menerapkan teknologi tersebut pada olahraga balap lain seperti F1?

Rodini: Olahraga motor dicirikan oleh lingkungan yang serba cepat, di mana setiap milidetik berarti dan setiap detail penting.

Teknologi Lenovo yang lebih cerdas akan digunakan di seluruh organisasi Formula 1 – mulai dari kantor pusat hingga kemeriahan Grand Prix yang menakjubkan – untuk meningkatkan produktivitas, mobilitas, dan keamanan, dan untuk terus menghadirkan balap dan hiburan tingkat tertinggi ke Formula 1 lebih dari 500 juta penggemar di seluruh dunia.

Selama beberapa tahun ke depan, perangkat keras Lenovo, layanan, High Performance Computing, dan solusi server, akan mendukung berbagai aplikasi dan jenis pengguna, mulai dari eksekutif hingga teknisi operasional track-side, untuk meningkatkan operasi Formula 1 di seluruh organisasi, dari menjalankan solusi pengumpulan data lokal yang kuat untuk menghasilkan konten berkualitas lebih tinggi dan mendukung aplikasi siaran.

Baca juga: Remote Garage, Cara Ducati Siasati Pandemi Agar Tetap Kompetitif

Apakah ada rencana lain dari Lenovo untuk membangun solusi serupa seperti Remote Garage yang dapat diakses oleh para pelaku bisnis otomotif?

Rodini: Solusi Lenovo yang telah digunakan oleh Ducati untuk membangun Remote Garage – mulai dari mobile workstation hingga server edge ThinkSystem SE350, hingga infrastruktur virtual desktop – semuanya tersedia untuk umum dan dapat dimanfaatkan oleh bisnis dari setiap industri untuk meningkatkan konektivitas, produktivitas, dan memimpin inovasi di bidangnya masing-masing.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com