Nissan Juke Hybrid Siap Meluncur, Transmisinya Unik

Kompas.com - 02/03/2022, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Juke sempat dipasarkan di Indonesia. Tapi, di Eropa mobil ini terus jual, bahkan akan keluar versi ramah lingkungannya.

Dikutip dari Motor1.com, Rabu (2/3/2022), Nissan akan memperkenalkan Juke dengan mesin hybrid. Tapi, untuk sementara ini, baru Eropa yang menjadi target pemasarannya.

Baca juga: Perbandingan Teknis Toyota Voxy dan Nissan Serena, Siapa Unggul?

Juke hybrid akan dibekali dengan mesin 1.6 L yang akan dipadukan dengan dua motor elektrik. Mesin pembakaran internalnya akan menghasilkan tenaga sebesar 94 tk.

Nissan Juke HybridDok. Motor1.com Nissan Juke Hybrid

Mesin tersebut akan didukung oleh motor elektrik yang menghasilkan tenaga 49 tk. Selain itu, ada lagi tambahan 20 tk dari starter generator. Torsinya sendiri mencapai 205 Nm.

Untuk baterainya, memiliki spesifikasi 1,2 kWh. Dengan motor elektrik tersebut, Juke hybrid dapat melaju hingga kecepatan 55 kilometer per jam menggunakan listrik murni.

Baca juga: Daftar Harga Bekas Nissan Juke di Awal 2022

Bagian yang menarik ada pada sistem transmisinya. Nissan mengandalkan electric motor gears, berbeda dengan girboks transmisi mobil pada umumnya.

Nissan Juke HybridDok. Motor1.com Nissan Juke Hybrid

Transmisi ini dihubungkan juga dengan motor elektrik. Jadi, transmisi tersebut dapat berpindah antara empat gigi mesin pembakaran internal dan dua gigi motor elektrik.

Nissan mengklaim Juke hybrid ini akan lebih responsif saat berakselerasi. Selain itu, tenaga mesinnya diklaim naik 25 persen dan konsumsi BBM lebih hemat sampai 40 persen atau sekitar 19,2 kilometer per liter.

Selain dapur pacu, ubahan lain juga diberikan pada eksteriornya. Bagian grille memiliki desain yang baru, bumper depan dibuat lebih rendah agar semakin aerodinamis, dan spoiler belakang diprofil ulang.

Nissan Juke HybridDok. Motor1.com Nissan Juke Hybrid

Sayangnya, Nissan Indonesia sudah tidak tertarik lagi memasarkan Juke. Menurut Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Isao Sekiguchi, pasarnya kurang menjanjikan.

"Saya tahu saat Nissan meluncurkan Juke beberapa tahun lalu sempat menjadi salah satu model yang paling populer, namun setelah itu memang market-nya menurun. Jadi sayangnya, kami tidak akan bawa Juke baru ke Indonesia, ini pun yang terjadi di beberapa pasar lainnya di Asia, termasuk Jepang," ujar Sekiguchi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.