Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Bicara Soal Nasib Juke di Indonesia

Kompas.com - 10/09/2019, 08:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan akhirnya resmi merilis generasi baru dari Juke di Eropa. Mobil bergenre crossover ini datang dengan segudang pembaruan.

Mulai dari sisi eksterior, interior, sampai penggunaan platform baru yang dikembangkan aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi, yakni CMF-B.

Pertanyaannya, apakan Juke baru ini juga akan mendarat di Indonesia. Mengingat model Juke yang saat ini dipasarkan oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI), sudah cukup lama tak mendapat sentuhan baru.

Baca juga: Wujud Generasi Kedua Nissan Juke, Lebih Sporty dan Modern

Ketika mengkonfirmasikan hal ini langsung kepada Presiden Direktur NMI Isao Sekiguchi, dia enggan untuk memberikan komentar apapun soal kehadiran generasi baru Juke ke Indonesia.

Nissan Juke generasi baru Nissan Juke generasi baru

"Kita tidak punya rencana untuk Juke (baru)," ujar Sekiguchi di sela-sela media test drive yang berlangsung di Proving Ground Bridgestone di Karawang, Jawa Barat, Senin (9/9/2019).

Kondisi ini pun sama seperti yang diutarakan oleh Head of Communication PT NMI Hana Maharani. Menurut dia, NMI untuk saat ini tidak bisa memberikan komentar apapun soal kehadiran Juke terbaru.

Bahkan saat disinggun soal kemungkinan masuk tahun depan, Hana hanya menyampaikan bila konsentrasi Nissan di tahun depan akan lebih memfokuskan diri pada kendaraan-kendaraan bertenaga listrik.

Baca juga: Tanggapan Nissan soal Mobil Listrik Bebas Ganjil Genap

"Kami tiak bisa komentar soal model baru, saat ini kami belum punya rencana mendatangkan itu (Juke) baru. Tahun depan banyak model-model yang arahnya lebih ke elektrik, cuma detailnya belum bisa diumumkan saat ini," kata Hana.

Interior Nissan Juke Generasi Baru Interior Nissan Juke Generasi Baru

Seperti diketahui, Nissan Juke baru hadir dengan mesin berkapasitas 1.000 cc turbo. Walau lebih kecil, namun mesin tersebut mampu memproduksi tenaga sebesar 117 ps atau 115,3 tk yang dikeluarkan dari transmisi enam percepatan manual dan tujuh speed dual clutch.

Sama dengan model sebelumnya, Juke terbaru juga disediakan tiga pilihan mode berkendara, yakni Standard, Eco, dan Sport.

Menariknya, Juke yang diluncurkan di Eropa sudah dilengkapi teknologi ProPilot yang merupakan fitur semi otonom Nissan. Fitur ini membuat mobil bisa berakselerasi atau melambat dengan otomatis serta menjaga mobil berada tetap pada jalurnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com