Kompas.com - 17/05/2022, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan kemenangan pada MotoGP Prancis 2022 di Sirkuit Le Mans, Enea Bastianini sudah meraih tiga kali kemenangan. Padahal, Bastianini masih menggunakan motor tahun lalu.

Meski mengendarai Desmosedici GP21, tapi Bastianini berhasil membuktikan motornya lebih baik daripada GP22 yang digunakan para pebalap tim pabrikan Ducati dan tim satelit Pramac Racing.

Baca juga: Menang di GP Perancis, Bastianini Buktikan Tim Satelit Bisa Bersaing

Saat ini, GP22 hanya diberikan pada Francesco Bagnaia, Jack Miller, Johann Zarco, dan Jorge Martin. Namun, belum ada dari keempat pebalap tersebut yang lebih kompetitif dari Bastianini di musim ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Bastianini mengatakan, kejuaraan dunia membutuhkan persiapan yang matang di tiap seri. Kejuaraan ini sangat panjang dengan perebutan peringkat yang sangat kompetitif.

"Oleh karenanya, memastikan tidak membuat kesalahan dan mencatatkan poin yang baik di tiap race, sangatlah penting,” ujar Bastianini, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Hasil Balap MotoGP Perancis: Bastianini Juara, Bagnaia Jatuh, Duo Suzuki Crash!

Tim satelit Gresini Racing yang didukung banyak sponsor dari Indonesia, salah satunya Antangin, menempati peringkat keenam di klasemen tim dengan total 97 poin.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022

Gresini Racing juga jadi tim satelit paling unggul dalam hal peraihan poin. Bahkan, peringkatnya lebih baik dari Repsol Honda Team yang ada di peringkat ketujuh.

Bastianini sendiri sekarang ada di peringkat ketiga dengan total 94 poin setelah tiga kemenangan. Pebalap Ducati lainnya yang sudah merasakan kemenangan hanya Bagnaia, itu pun baru sekali.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022

Soal motor, Bastianini mengatakan, tentunya motor pabrikan akan mengalami evolusi sepanjang kejuaraan. Tapi, untuk saat ini, motor yang digunakannya tidak perlu iri pada GP22, mungkin sedikit kelincahan karena fairing baru.

“Namun, selebihnya sangat mirip. Karena itu, saya tidak merasa minder dengan para (pebalap) pabrikan," kata Bastianini.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022

Muljo Rahardjo, Chief Executive Officer Deltomed Laboratories, juga mengucapkan selamat kepada Gresini Racing Team dan Enea Bastianini yang kembali menaiki podium sebagai juara MotoGP 2022 di Prancis.

"Kami sangat bangga akan pencapaian Gresini Racing Team dan Enea Bastianini di MotoGP musim ini. Melihat Antangin berada bersama Bastia di podium kemenangan tentulah sangat membanggakan Indonesia. Semoga pencapaian ini bisa terus dibawa sampai akhir musim ini,” ujar Muljo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.